INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

FORMAT ADMINISTRASI DESA

FORMAT ADMINISTRASI DESA

FORMAT ADMINISTRASI DESA

Adminitrasi desa terbaru diatur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa. Peraturan yang berlaku sebelumnya tentang Pedoman Administrasi Desa diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2006 sudah tidak berlaku.

Silahkan menyesuaikan dengan ketentuan yang baru dalam hal mengelola Administrasi Desa. Mulailah dari awal tahun 2017 untuk melaksanakan Permendagdri ini. Secara umum tidak ada perbedaan yang terlalu jauh sehingga lebih memudahkan untuk melakukan penyesuaian.

Permendagri 47/2016 lengkap dengan lampirannya dapat anda download melalui situs jdih.kemendagri.go.id

Permendagri tersebut mengatur berbagai macam buku Administrasi Pemerintahan Desa, sebagaimana format dan petunjuk pengisian pada lampiran Permendagri 47/2016.

Penyelenggaraan Administrasi Desa

Kepala Desa berwenang menyelenggarakan Administrasi Desa. Kepala Desa melaksanakan administrasi desa dibantu Aparat Desa. Administrasi Desa diilaksanakan dalam rangka :penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat, dan pemeberdayaan masyarakat.

5 (Lima)Jenis Administrasi Desa

  • Administrasi Umum
  • Administrasi Penduduk
  • Administrasi Keuangan
  • Administrasi Pembangunan
  • Administrasi Lainnya

A. Administrasi Umum terdiri 9 (sembilan) Jenis Buku.

Merupakan buku administrasi desa untuk mencatat kegiatan berupa data dan informasi Pemerintahan Desa terdiri:

  • Buku Peraturan Di Desa
  • Buku Keputusan Kepala Desa
  • Buku Invenntaris Kekayaan Desa
  • Buku Aparat Pemerintah Desa
  • Buku Tanah Kas Desa
  • Buku Tanah Di Desa
  • Buku Agenda
  • Buku Expedisi
  • Buku Lembaran Desa dan Buku Berita Desa

B. Buku Administrasi Penduduk 5 (lima) Jenis Buku.

Buku ini wajib ada dan disedikan untuk mencatat peristiwa dan kejadian yang berhubungan dengan data dan informasi kependudukan.

  • Buku Induk Penduduk.
  • Buku Mutasi Penduduk.
  • Buku Rekapitulasi Penduduk.
  • Buku Penduduk Sementara.
  • Buku KTP dan KK.

C. Buku Administrasi Keuangan Desa, 6 (enam) Jenis Buku

Pencatatan kegiatan pengelolalaan keuangan wajib dicatat dalam format buku keuangan desa. Dalam permendagri ini diatur 6 buku administrasi keuangan desa.

  • Buku APBDes.
  • Buku Rencana Anggaran Biaya (RAB).
  • Buku Kas Pembantu Kegiatan.
  • Buku Kas Umum.
  • Buku Kas Pembantu.
  • Buku Bank Desa.

D. Buku Administrasi Pembangunan, 4 (empat) Jenis Buku.

Kegiatan pembangunan di Desa harus diadministrasikan pada format buku administrasi pembangunan. Ada empat format buku yang harus disediakan. Digunakan untuk mencatat data dan informasi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

  • Buku Rencana Kerja Pembangunan.
  • Buku Kegiatan Pembangunan.
  • Buku Inventarisasi Hasil-hasil Pembangunan
  • Buku Kader Pendamping dan Pemberdayaan Masyarakat.

E. Buku Administrasi Lainnya.

Buku administrasi desa lainnya digunakan untuk mencatat data dan informasi selain empat model format buku yang sudah disebutkan sebelumnya. Banyaknya jenis buku administrasi lainnya sesuai kebutuhan. Buku administrasi lainnya diantaranya :

  • Buku administrasi BPD untuk mencatat kegiatan Badan Permusyawaratan Desa.
  • Buku Musyawarah Desa, untuk mencatat kegiatan musyawarah desa.
  • Buku Lembaga Kemasyarakatan Desa, untuk mencatat kegiatan Lembaga Kemasyarakatan Desa atau Lembaga Adat Desa.

Buku administrasi desa sebagian besar pengisiannya dalam bentuk data angka. Akan memudahkan apabila format yang akan dikerjakan dibuat dalam format Ms Excel. Dengan menggunakan formula excel data dapat disajikan dan diolah sesuai keperluan. Saya sediakan format Buku Administrasi Desa Lengkap dalam Format excel, semoga berguna. Silakan Download

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2