INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

TP. PKK Desa menggalang Dana untuk Keluarga Musibah Tanah Longsor

TP. PKK Desa menggalang Dana untuk Keluarga Musibah Tanah Longsor

TP. PKK | Jum'at Wage 12/02/2021 Tim Penggerak PKK Desa Balingasal mengadakan Rapat Rutin yang bertempat di Balai Desa Balingasal. Kegiatan dihadiri oleh Pengurus TP. PKK Desa dan Pengurus PKK RT dan RW.

Dalam sambutannya, Ibu Satonah (Ketua PKK Desa Balingasal) ikut prihatin atas musibahnya tanah longsor yang menimpa saudara kita di Desa Kalijering, oleh karena itu marilah kita himpun bantuan sukarela guna mengurangi beban mereka. Alhasil untuk penggalangan dana mendapatkan uang sebanyak 1 juta rupiah yang akan diberikan berupa sembako kepada keluarga yang terkena musibah tanah longsor, serta bantuan beras dari semua perangkat desa. "Semoga bantuan yang kita galang bersama dapat bermanfaat bagi keluarga korban", imbuh Satonah.

Acara dilanjutkan dengan pengisian Kultum yang diisi oleh Ibu Salamah tentang Manfaat Bulan Rajab, antara lain: 

1. Puasa

Berpuasa tidak hanya di lakukan pada bulan Ramadhan saja namun juga di bulan Rajab yang jatuh sebagai puasa sunah. Puasa berarti menahan lapar dan haus serta tindakan yang dapat membatalkan pahala puasa yang dilakukan sejak sahur hingga matahari terbenam. Jadi selama puasa harus bisa menjaga sikap dan juga pikiran agar tidak membatalkan pahala dari puasa itu sendiri. Berikut ini sabda dari Rasulullah SAW tentang puasa di bulan Rajab :

” Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (HR. At-Thabrani)

2. Catatan amal selama 60 bulan

Masih berkaitan dengan puasa yang dilaksanakan pada bulan rajab ada hadist yang berbunyi seperti berikut ini :

“Barang siapa yang puasa pada tanggla 27 pada bulan Rajab, Allah SWT mencatat pahala sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan”. (Abu hurairah)

Jadi puasa hanya dilakukan selama satu hari pada tanggal 27 rajab diberikan oleh Allah SWT pahala seperti orang yang melakukan puasa selama 60 bulan tanpa putus – putus. Karena itu jangan ragu untuk melaksanakan puasa karena bukan hanya pahalanya saja namun puasa juga memberikan kesehatan pada tubuh kita.

3. Puasa 7 hari

Dan dalam melaksanakan jumlah hari pada puasa di bulan Rajab juga terdapat keistimewaan – keistimewaan yang tidak di dapat pada bulan lainnya yaitu jika puasa yang kita lakukan berjumlah 7 hari dalam artian seminggu maka manfaat yang didapatkan adalah tertutupnya pintu neraka bagi yang melaksanakan puasa tersebut.

4. Delapan hari berpuasa

Untuk jumlah delapan hari berpuasa di bulan Rajab makan keistimewaan yang di dapat adalah terbukanya pintu surga bagi yang menjalankan puasa tersebut. Surga merupakan balasan bagi orang-orang yang senantiasa melaksanakan perintah Allah SWT dan memang berniat berpuasa karena Allah saja bukan karena yang lainnya.

5. 10 hari puasa

Semakin panjang hari yang anda isi dengan melakukan puasa-puasa di bulan rajab maka akan banyak keistimewaan yang anda dapatkan seperti puasa 10 hari di bulan rajab maka akan dihapus dosa – dosa dan diganti dengan kebaikan. Maksud disini adalah setiap manusia pasti setiap hari melakukan dosa dan cara untuk menebus dosa adalah dengan sholat yang dilakukan sebanyak 5 kali dalam sehari. Dosa yang dihapus saat melaksanakan puasa diganti dengan kebaikan yang kekal dan memberikan manfaat bagi kita di akhirat nanti.

6. Satu hari puasa

Dengan melakukan satu hari puasa pada bulan rajab maka ganjaran yang didapatkan untuk itu adalah mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di surga. Sabda Rasulullah SAW :

”Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikarunia minum dari sungai tersebut.”

7. Doa yang tidak tertolak

Melakukan doa pada saat bulan rajab pada umumnya tidak akan tertolak terlebih kita berdoa pada Allah SWT dalam keadaan sedang menjalankan ibadah puasa di bulan rajab. Karena itu berdoa di bulan rajab merupakan salah satu keisitmewaan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Ambil kesempatan ini dan selalu ingat agar tidak melewatkannya dalam satu tahun sekali. Dan Nabi Muhammad SAW pun mengucapkan doat menyambut bulan rajab dengan doa sebagai berikut :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ، وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ

Sebagai doa untuk menyambut datangnya bulan rajab yang penuh dengan keagungan dan pegampuna jika dilakukan dengan sungguh – sungguh dan tulus.

8. Sholat Sunat Rajab

Di bulan rajab juga ada manfaatnya saat melaksanakan sholat sunat rajab.  Karena itu ada sabda dari nabi Muhammad SAW yang menerangkan bahwa barang siapa yang mendirikan shilat sunat rajab maka dirinya di selamatkan oleh Allah SWT dari siksa api nerakan dan diwajibkan untuk masuk ke dalam surganya Allah SWT yang besar dan luasnya melebihi langit dan bumi. Karena itu mari sama – sama kita mendirikan sholat sebagai seorang muslim yang taat kepada sang pencipta. Berikut ini yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan sholat suna rajab yaitu :

  • Berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhu saat akan melaksanakan sholat fardhu.
  • Membaca niat dari sholat sunat rajab yaitu : Usolli sunatan syahri rajaba raka’aitaini lillahi ta’ala. Artinya adalah aku niat sholat sunat rajab karena allah SWT.

Dan untuk rakaatnya yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Tanggal satu pada bulan rajab jumlah rakaat yang dilakukan adalah sebanyak 10 rakaat
  2. Tanggal lima belas pada bulan rajab jumlah rakaatnya sama yaitu 10 rakaat.
  3. Tanggal tiga puluh rajab jumlah rakaatnya juga 10 rakaat.

Dan untuk waktu pelaksanaan dari sholat sunat rajab ini antara waktu magrib dan waktu pada sholat isya.

Jadi memang begitu agung manfat yang di dapat pada bulan rajab ini dari segi puasa pada hari yang tersedia pada bulan rajab. Karena itu banyak amalan yang dapat di lakukan pada bulan rajab tidak hanya amalan untuk puasa, sholat dan juga doa yang segera di ijabah oleh Allah SWT dan bisa juga di ijabah dan di ganti dengan yang lebih baik lagi dari yang kita bayangkan sebelumnya.

Niat Puasa Pada Bulan Rajab

Sebelum melaksanakan puasa pada bulan rajab diperlukan perhatian untuk membaca niat sebelum puasa. Karena setiap amalan dihitung berdasarkan dari niatnya yang murni yaitu karena Allah SWT. Berikut ini lafaz niat untuk melakukan puasa rajab yaitu :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA’AALAA

Artinya :
Saya niat puasa esok hari di bulan rajab sunah karena Allah Ta’ala

Adapun langkah-langkah untuk melakukan puasa rajab hampir sama dengan melaksanakan puasa pada bulan ramadhan atau puasa sunat lainnya. Jadi melakukan puasa pada bulan rajab sama hanya saja pahala yang diberikan oleh Allah SWt bagi orang-orang yang benar ikhlas dalam menjalankannya adalah pengampunan dosa yang telah banyak dilakukan sejak dahulu.

Berikut ini tambahan tentang hal-hal yang dapat membatalkan puasa dan juga pahala dari puasa sunat yang dijalankan yaitu :

  • Muntah dengan sengaja, segala sesuatu yang berasal dari perut kemudian di keluarkan maka secara langsung membatalkan puasa karena dilakukan dengan sengaja.
  • Berkata kasar, saat melakukan puasa anda dilarang untuk berkata kasar hingga sampai melakukan fitnah pada orang lain. Mungkin secara terlihat anda tetap puasa namun yang anda dapatkan tidak lagi pahala dri puasa hanya yang anda dapatkan rasa lapar dan haus menjelang berbuka puasa.
  • Tidak melaksanakan sholat, jika anda sedang melakukan puasa baik itu puasa wajib dan puasa sunat makan ibadah puasa ini tidak berarti jika anda tidak mendirikan sholat wajib.

Itulah beberapa hal yang dapat membatalkan puasa jadi tolong dihindari agar tidak menyia-nyiakan ibadah puasa pada bulan rajab ini.

Acara ditutup dengan bacaan Hamdalah bersama-sama

sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-bulan-rajab

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Ribuan Warga Ikut Nobar Indonesia-Australia di Alun-alun Pancasila Kebumen
Bupati Kebumen Sediakan Rp1 Miliar untuk Hadiah Kuis di Media Sosial
Bupati Kebumen Jenguk Korban Laka Truk di Giritirto, Berharap Kejadian ini Tak Terulang
Menpora Harap Lomba Pacuan Kuda Kebumen Jadi Pioner.
Open House Hari Keempat, Bupati Kebumen: Jika Ada Kekeliruan, yang Patut Disalahkan Pemimpinnya.

Arsip TP. PKK

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2