INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

POKJA I TP. PKK DESA BALINGASAL MENGADAKAN PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH

POKJA I TP. PKK DESA BALINGASAL MENGADAKAN PELATIHAN PEMULASARAN JENAZAH

TP. PKK | Kamis 1 Juli 2021 bertempat di Balai Desa Balingasal Tim Penggerak PKK Desa Balingasal Kecamatan Padureso mengadakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah bagi perempuan melalui pemberian materi secara teori maupun praktek secara langsung. Kegiatan ini tentunya dalam rangka Pemberdayaan TP. PKK Desa bersama Tokoh Agama dan Kasi Pelayanan Desa Balingasal sebagai Narasumber.

Pelatihan ini sangat penting artinya dalam rangka pengabdian kepada masyarakat dan tugas ini tidak semua orang tahu dan mau untuk melaksanakan tugas mulia ini. Dalam pengurusan jenazah perlu adanya suatu ilmu dan tata caranya, dari persiapan hingga selesai pengurusannya sampai dengan sholat jenazah.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Desa, Manang. Dalam sambutannya Kepala Desa mengucapkan banyak terima kasih atas kehadirannya yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini. Sebanyak 3 orang Peserta yang diundang dari masing-masing mewakili tingkat RT mendapat penjelasan tentang hal yang harus dilakukan terhadap jenazah setelah meninggal. Ky. Mukhlas dan Nurul Amin sebagai Narasumber memberikan pelatihan secara detail tentang tata cara penyelenggaraan jenazah secara teori dan praktek sholat jenazah serta doa pengurusan jenazah dari saat menutup mata, doa menyobek kain kafan, niat memandikan mayit, niat istinja, niat shalat jenazah dan doa memasukkan jenazah ke liang kubur.

Abdul Azis selaku Kasi Pelayanan mengatakan, pemulasaran jenazah ini sangat penting dan wanita harus bisa, supaya kalau ada keluarga yang meninggal banyak kader muslimah yang bisa mengurus jenazah dengan baik dan benar.

Menurutnya, hikmah yang dapat diambil dari tata cara pengurusan jenazah selain memperoleh pahala yang besar, juga menunjukkan rasa solidaritas yang tinggi diantara sesama muslim dan membantu meringankan beban kelurga jenazah.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta
Pemkab Kebumen Dapat Bantuan Pendidikan Rp38 Miliar
Bupati Apresiasi Tingkat Kelulusan CGP Kebumen Termasuk Paling Tinggi di Jateng
Bupati Kebumen: Semangat Kartini Harus Tetap Menyala Meski Beda Masa
Makin Ramai, Nobar Piala Asia U23 Bakal Digelar di Moro Soetta

Arsip TP. PKK

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2