INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

LOMBA MENYUSUN MENU DAN MAKANAN SEHAT SEHARI

LOMBA MENYUSUN MENU DAN MAKANAN SEHAT SEHARI

TP. PKK | Dalam rangka program mengentaskan kemiskinan di Indonesia, pemerintah dengan berbagai program atau stimulus untuk mengentaskan masalah kemiskinan, diantaranya PKH (Program Keluarga Harapan) yang kurang lebih program tersebut ada sejak tahun 2007. PKH sebagai upaya membangun sistem pembangunan sosial kepada masyarakat miskin dalam rangka mempertahankan dan meringankan kesejahteraan sosial penduduk miskin sekaligus sebagai upaya memotong rantai kemiskinan. Target sasaran penerima adalah rumah tangga/keluarga sangat miskin,atau kelompok masyarakat pada kluster 1 dengan peringkat kesejahteraan 7 persen terendah. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan skema perlindungan sosial bagi Rumah Tangga Sangat Miskin untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan dan kesehatan. Kajian ini menemukan berbagai bukti awal tentang perubahan relasi gender baik di tingkat domestik maupun publik. Perubahan dalam relasi gender ini tejadi ketika PKH bersinergi dengan skema dan program pemberdayaan perempuan yang lain. Sinergi inilah yang memberi makna yang berarti untuk bukan hanya sekedar perbaikan kesejahteraan namun juga perbaikan relasi gender.

Pada hari ini Sabtu (11/03/2023), Pemerintah Desa Balingasal melalui Tim Penggerak PKK dan lembaga terkait melakukan kegiatan khusus untuk KPM penerima Program Ketahanan Pangan (PKH dan BPNT), program tahun yang kedua kalinya yaitu Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari. Program tersebut  sudah terjadwal secara bergantian di setiap desa se Kecamatan Padureso. Di Desa Balingasal tercatat 14 peserta yang ikut lomba tersebut, dari masing-masing peserta menyiapkan menu makan pagi, siang dan sore. Adapun ketentuan yang dinilai yaitu kesederhanaan, tampilan dan nilai gizi yang terkandung, tentu dengan batasan nilai rupiah sebesar 10.000 per  menu makan. Kegiatan lomba bertempat di Balai Desa Balingasal, peserta datang untuk menyaiapkan menu sekitar pukul 08:30 yang mana sudah ditentukan oleh panitia, dari semua peserta menyiapkan makanan atau merias yang mau dilombakan.

Dalam perlombaan kali ini Camat Padureso (Katut Waluyo) didampingi Ny. Titi Indarti Katut Waluyo (Ketua TP. PKK Kecamatan Padureso) menghadiri acara tersebut. Sebelum acara dimulai semua yang hadir diharap untuk bersama-sama menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Acara lomba dibuka oleh Kepala Desa Balingasal (Manang),  dalam sambutannya mengatakan kepada semua peserta lomba, yang pertama selamat datang semoga dengan kegiatan tersebut silaturahmi terus terjaga dan terjalin, dan juga dengan kegiatan tersebut bermanfaat terkhusus buat penerima program Ketahanan Pangan.

Sambutan yang kedua oleh Ketua TP. PKK Kecamatan Ny. Titi Indarti Katut Waluyo dalam sambutannya, mengatakan sangat apresiasi dengan kegiatan tersebut tentunya bermanfaat bagi kita semua dan kita jadi tahu bansos yang diperoleh KPM seharusnya dipergunakan semestinya, siapapun yang jadi pemenang harus bangga dan yang belum menang tetap semangat dan jangan putus asa, pada dasarnya kegiatan hari ini harus dipraktekan juga dirumah masing-masing.

Sambutan ketiga oleh ketua TP PKK Desa Balingasal Ny. Satonah Manang, mengatakan semoga perlombaan kali ini berjalan dengan lancar tentunya sukses, diharap apapun keputusannya atau hasilnya bisa diterima dengan legowo.

Ketua tim penilai Ny. Tri Murwati, A.Ma. Keb didampingi oleh Ny. Manisih dan Ny. Susilowati memulai penilaian lomba menu sehari, sebelum dinilai semua peserta lomba diharap meninggalkan lokasi atau mengosongkan tempat lomba, biar terjaga netralitasnya setiap peserta diberi nomor urut saja dan tidak ditulis nama maupun RT nya untuk menjaga netralitas. Setelah memeriksa satu persatu peserta lomba yang kurang lebih sekitar 30 menit, setelah selesai penilaian peserta dipersilahkan masuk kembali dan boleh menduduki tempat meja lombanya masing-masing. 

Tim penilai berkumpul secara intern diruangan tertentu, setelah menimbang, menilai dan menjumlahkan setiap detail kriterianya akhirnya panitia mendapatkan juara-juaranya.

Pengumuman juara lomba menu makan sehari dipandu oleh Ny. Tri Murwati yang disaksikan oleh Tim monitoring kecamatan, kepala desa,  ketua TP PKK dan semua peserta lomba. Sebelum mengumumkan ibu Tri Murwati Amd mengatakan bahwa keputusan juri tidak boleh diprotes karena juri menilai dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Untuk juara 3 dengan nilai 61 diperoleh no urut 12 , diketahui no tersebut peserta dari Dusun Kenayan RT. 002/001 dengan nama KPM Parsiati.

Kemudian yang mendapat juara 2 dengan nilai 63 diperoleh no urut 03 diketahui nomor tersebut peserta dari Dusun Jatiteken Wetan RT 001/003 dengan nama KPM Ernawati.

Dan yang paling ditunggu-tunnggu juara satu lomba menu makan sehari dengan nilai 67 yaitu dengan nomor urut 01 dengan nama KPM Maidah dari Dusun Bleber RT 002/005.

Demikian pengumuman lomba menu makan pada kesempatan hari ini, diharap semua KPM bisa menerapkan menu seperti ini di kehidupan sehari-hari.tetap semangat untuk semua yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan hari ini.

Semoga dengan diadakannya  lomba menu makan sehari, bisa memacu dan menambah pengalaman untuk semua penerima bantuan sosial ketahanan pangan, yang mana nominal bantuan bisa digunakan semestinya dan membantu ekonomi keluarga tentunya tidak salah sasaran.dan berharap bisa memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan tersebut. Tentu tidak lupa kita juga harus andil dalam mensukseskan kegiatan yang ada didesa seperti kerja bakti dan kegiatan lainnya.

LAPORAN PELAKSANAAN

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter