INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PERTEMUAN RUTIN KADER POSYANDU

PERTEMUAN RUTIN KADER POSYANDU

POSYANDU | Agenda rutin bulanan kader Posyandu yang berupa pembinaan ini juga diselenggarakan dalam rangka untuk menghadapi Desa Siaga Tanggap Covid-19. Kader Posyandu beserta pengurus mengadakan pertemuan yang bertempat di Balai Desa Balingasal, Rabu (27/01). Pertemuan yang membahas agenda rutin bulanan ini, juga di isi dengan materi-materi pembinaan dari Bidan Desa.

Pertemuan kali ini dihadiri Bidan Desa dan tentunya seluruh kader Posyandu. Acara dibuka dengan do'a bersama dan dimulai dengan sambutan Ketua Posyandu (Manisih) dengan memberikan penyuluhan tentang Suplemen Taburia.

Menerangkan bahwa kekurangan gizi masih menjadi masalah serius masyarakat Indonesia terutama anak-anak dan balita. Kementerian Kesehatan membuat terobosan suplemen Taburia, yakni serbuk yang mengandung vitamin dan mineral yang cara pakainya tinggal ditaburkan ke atas makanan.

Suplemen tabur dinamakan Taburia dengan harapan setelah ditaburkan pada makanan, anak jadi lebih ceria. Cukup dengan harga Rp 300 per bungkus diharapkan anak-anak bisa tercukupi vitaminnya.

Suplemen Taburia berupa serbuk tabur yang mengandung 12 vitamin dan 4 mineral penting yakni yodium, selenium, seng dan zat besi. Seluruhnya merupakan nutrisi pokok yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak yang berusia antara 6-24 bulan.

Penggunaannya cukup mudah, tinggal ditaburkan ke dalam makanan yang siap dikonsumsi. Selain harus segera disantap sampai habis, Taburia sebaiknya tidak dicampur dengan makanan panas karena lemak yang menyelubungi zat besi bisa rusak sehingga memicu rasa tidak enak.

Sama seperti penambahan vitamin A dalam minyak goreng, pemberian Taburia ke dalam makanan juga termasuk salah satu bentuk fortifikasi atau penambahan zat gizi. Bedanya jika fortifikasi minyak goreng dilakukan dalam skala industri, penambahan Taburia dilakukan di level rumah tangga.

Lalu dilanjutkan pembinaan dari UPT Puskesmas Padureso yang dihadiri Bidan Desa (Tri Murwati) yaitu pengisian tentang Pencegahan COVID-19 dan Vaksinasi COVID-19. Lindungi diri Anda dan orang lain di sekitar Anda dengan mengetahui fakta-fakta terkait virus ini dan mengambil langkah pencegahan yang sesuai. Cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol. Selalu jaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin. Kenakan masker jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan. Jangan sentuh mata, hidung, atau mulut Anda. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan. Jika demam, batuk, atau kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis.

Tentang Vaksin COVID-19. Vaksin bukanlah obat. Vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik pada penyakit COVID-19 agar terhindar dari tertular ataupun kemungkinan sakit berat. Selama vaksin yang aman dan efektif belum ditemukan, upaya perlindungan yang bisa kita lakukan adalah disiplin 3M: Memakai masker dengan benar, Menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta mencuci tangan pakai air mengalir dan sabun.

Terdapat kandidat vaksin yang dapat diberikan untuk mereka yang berusia 60 hingga 89 tahun. Namun, tahap awal vaksinasi diberikan pada orang dewasa sehat usia 18-59 tahun yang merupakan kelompok usia terbanyak terpapar COVID-19. Selain itu, dikarenakan mayoritas kandidat vaksin di dunia saat ini baru diuji cobakan pada orang dewasa usia 18-59 tahun yang sehat, dan akan membutuhkan waktu uji klinis tambahan untuk bisa mengidentifikasi kesesuaian vaksin COVID-19 untuk mereka yang berusia di atas 60 tahun dan dengan penyakit penyerta.

Berlanjut dengan pemberian motivasi terhadap para kader dalam menghadapi masa-masa Pandemi COVID-19 oleh Bidan Desa.

Di akhir acara diselenggarakan Rembug Jogotonggo dengan Pemerintah Desa yang diwakili oleh Pelaksana Kegiatan yang membidanginya yaitu Kasi Kesejahteraan Warsino.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Ada 86 Kasus, Bupati Ingatkan Bahaya DBD, dan Himbau Jaga Kebersihan
Ribuan Warga Ikut Nobar Indonesia-Australia di Alun-alun Pancasila Kebumen
Bupati Kebumen Sediakan Rp1 Miliar untuk Hadiah Kuis di Media Sosial
Bupati Kebumen Jenguk Korban Laka Truk di Giritirto, Berharap Kejadian ini Tak Terulang
Menpora Harap Lomba Pacuan Kuda Kebumen Jadi Pioner.

Arsip POSYANDU

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2