INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

PERTEMUAN RUTIN GAPOKTAN SUBUR MAKMUR

PERTEMUAN RUTIN GAPOKTAN SUBUR MAKMUR

PERTEMUAN RUTIN GAPOKTAN SUBUR MAKMUR

GAPOKTAN | Desa Balingasal merupakan salah satu desa di Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen. Di desa ini terdapat satu gabungan kelompok tani (gapoktan) yang bernama "SUBUR MAKMUR". Gapoktan ini membawahi 6 kelompok tani (Sibandu, Sipoh, Ketipan, Bengawan, Sidodadi, Sidomukti), 1 Kelompok Wanita Tani Ternak/KWTT (Wiji Lestari) dan 1 Kelompok Tani Ternak/KTT (Muji Panggayuh). Usaha utama petani yang tergabung di gapoktan adalah Agrobisnis.

Gapoktan Subur Makmur tak lepas dari upaya dan dukungan berbagai pihak terutama pendampingan penyuluh pertanian dan aparat desa. Pertemuan rutin yang dilaksanakan setiap selapanan, menjadi salah satu kunci yang memberi andil besar atas capaian Gapoktan.

Pertemuan rutin kali ini dilaksanakan bertempat di Balai Desa Balingasal (Selasa 22/06/2021) dengan dihadiri 30 orang peserta yang terdiri Koordinator PPL dan PPL Kecamatan Padureso, Kepala Desa serta masing-masing Pengurus Gapoktan, Kelompok Tani, KWTT maupun KTT. Dalam pertemuan, salah satu anggota diberi tugas sebagai moderator acara. Acara pertama diisi dengan sambutan Kepala Desa dilanjutkan penyampaian dari Ketua Gapoktan yang diwakili oleh Bendahara (Abdul Azis) dikarenakan Ketua Gapoktan, Sohib berhalangan hadir. Dalam penyampaiannya mengajak agar peserta pertemuan rutin ini bisa mencermati pembahasan dan paparan secara ikhlas agar bisa dihitung amal ibadah dan bisa menjadikan wasilah menambah kemajuan dan kemakmuran desa menuju desa yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr, gemah ripah loh jinawi.

Selaku Koordinator PPL Kecamatan Padureso, Maryuti mengecek setiap pembukuan Poktan, agar diisi dengan rutin, baik dan benar, juga meminta penjelasan pada Pengurus KWTT dan KTT terkait bantuan yang sudah diterima oleh kelompok, agar dijalankan sesuai aturan, juga menyarankan agar segera melengkapi mengenai proposal yang akan diajukan oleh KWTT.

Sedang dr dokter Hewan, Hendra memaparkan cara menjaga kesehatan hewan dan mengharap agar segera lapor apabila ada hewan yang sakit.

Agung yang membidangi Pembibitan Kelapa Genja Enthok Kecamatan Padureso menjelaskan bahwa setiap Poktan berhak mengajukan Proposal masing-masing, seperti Poktan Ketipan. Kita wajib bersyukur Kebumen menjadi daerah asal kelapa genja enthok. Dan sekarang Poktan Ketipan yang sedang diajak kerja sama untuk pembibitan.

Dari pengendalian hama Puput (Pengamat Hama) setelah mendapatkan keterangan dari warga bahwa Blok Sipoh ada yang terserang hama wereng dan hama tikus, besuk pagi akan langsung tinjau ke lokasi, Dan menyarankan agar Poktan Sipoh mengajukan proposal langsung mengadakan gerakan gropyokan tikus, kebetulan stok obat masih banyak.

Yuli Setyaningsih (Pendamping P3A Kecamatan) juga mengharapkan kepada pengurus dan anggota P3A Balingasal (Sido Makmur) ada kegiatan dan rencananya kedepan akan dibentuk perkumpulan Kel P3A 10 desa untuk menghindari konflik masalah air.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2