INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Persiapan Lahan dengan menggunakan Traktor

Persiapan Lahan dengan menggunakan Traktor

GAPOKTAN | Memasuki musim penghujan, petani di Desa Balingasal sudah bersiap memasuki musim tanam padi ke-1. Para petani memanfaatkan hujan untuk melaksanakan tanam padi setelah berbulan-bulan lamanya mengalami kekeringan akibat kemarau. Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) "Subur Makmur" Desa Balingasal memutuskan untuk melakukan penyebaran bibit padi secara serentak pada tanggal 1 - 10 November 2021. Padi merupakan tanaman tangguh yang mudah untuk tumbuh di hampir semua jenis tanah. Namun, ketika petani mengharapkan hasil yang baik, petani harus mempersiapkan lahan, sehingga tanah dapat menyambut baik benih yang disemai. Begitu pula cara yang dilakukan oleh para petani di Desa Balingasal.

Penggunaan alat dan mesin pertanian dikembangkan agar pekerjaan dalam persiapan lahan menjadi lebih mudah dan efisien. Salah satu usaha untuk meningkatkan efisiensi dalam bertani adalah dengan pemakaian tenaga mekanis, seperti pengunaan traktor. Penggunaan traktor digunakan untuk mempersiapkan lahan yang ideal. Terdapat 3 buah traktor di Desa Balingasal. Pembagiannya terdiri dari Blok Kethipan dioperatori oleh Solatun dan Sugiyanto Nyana. Kemudian untuk Blok Sipoh dioperatori oleh Kasmudi dan Kruntel. Kemudian untuk Blok Wetan Wangan dioperatori oleh Gupron dan Lendung. Rata-rata setiap operator traktor bekerja untuk mempersiapkan masa pembibitan selama 25 hari.

Tujuan penggunaan traktor dalam pengolahan tanah adalah untuk menciptakan keadaan fisik tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman dengan peralatan yang bekerja secara mekanis dan berskala besar. Adapun manfaat dari persiapan lahan ini yaitu untuk membersihkan gulma yang ada di lahan sawah, menggemburkan lahan sawah, menambah unsur organik di lahan sawah, dan menghambat pertumbuhan hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman padi sawah.

Upah operator traktor di Desa Balingasal terbilang relatif murah. Tarif jasa traktor perubin sebesar Rp.1.200,00. Para operator traktor dibayar oleh petani setelah pekerjaan selesai. Adapun modal yang dibutuhkan operator traktor berupa solar yang bisa menghabiskan 100 liter dan service mesin sebelum terjun ke sawah guna menciptakan performa mesin yang baik.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2