INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Tempat Pemancingan "SEMURUP"

Tempat Pemancingan "SEMURUP"

POKDAKAN | Tempat Pemancingan "SEMURUP" (Alternatif Pemasaran Hasil Budidaya Kelompok Perikanan Ikan Karkasa Jaya Di Masa Pandemi Covid-19)

Balingasal (11/7/2021) Di masa pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai ini, banyak sekali dampak yang dirasakan, hampir semua bidang terkena imbasnya. Bidang perekonomian terutama, regulasi-regulasi terkait penanganan pandemi Covid-19 membuat perekonomian semakin menurun, seperti daya beli masyarakat yang semakin menurun, transaksi perdagangan yang sepi, semakin sulitnya masyarakat khususnya petani, peternak, pembudidaya dan UMKM dalam menjual produksinya.

Melihat semakin lesunya perekonomian, membuat Kelompok Perikanan "Karkasa Jaya" melihat sedikit cela peluang usaha, khususnya dalam bidang pemasaran hasil produksi budidayanya terutama dikarenakan kurangnya daya beli masyarakat.
Seperti yang kita ketahui bahwa ketika seseorang menggemari suatu hobi pasti  ingin sekali hasrat hobinya tersebut tersalurkan. Disinilah kelompok budidaya ikan "Karkasa Jaya" melihat peluang itu. Dengan banyaknya para penggemar memancing di wilayah sekitarnya dan juga terdapat area kolam besar yang sudah lama tidak produktif, ditambah lagi tempatnya yang strategis dan nyaman. Tentu sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan kembali. 

Melihat potensi area tersebut tentu diharapkan bisa menjadi salah satu solusi dalam menyiasati penjualan hasil budidaya. Walaupun tahapannya masih terbilang awam dalam bidang tempat pemancingan dan persiapan yang juga masih belum 100%. Namun hal ini bukan menjadi hambatan bagi Kelompok Budidaya Ikan "Karkasa Jaya" untuk membuka tempat pemancingan tersebut. Istilah jawanya "dilakoni, melaku karo sinau", dalam artian kedepannya dengan berjalannya tempat pemancingan menjadi bahan evaluasi perbaikan, untuk bisa menjadi tempat pemancingan lebih baik lagi terutama dalam hal fasilitas dan sistem dalam bidang pemancingan.

Perlu diketahui, Kelompok Budidaya Ikan "Karkasa Jaya" pada awalnya hanya berdiskusi masalah bagaimana cara meningkatkan pemasaran hasil budidaya terutama di masa pandemi sekarang ini. Namun dalam praktiknya ternyata ada potensi lain di bidang yang berbeda namun masih terkait satu sama lain yang bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha yang dapat ditekuni di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Melihat potensi Desa Balingasal yang bisa dibilang tidak terbatas dan juga SDM (Sumber Daya Manusia) yang kreatif di berbagai bidangnya tentu menjadi potensi besar yang bisa di explore lagi untuk bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Balingasal yang mandiri. 

Terakhir, untuk masyarakat yang hobi sekali memancing bisa mendatangi langsung tempat pemancingan Kelompok Budidaya Ikan "Karkasa Jaya" (Pemancingan Semurup) di Pedukuhan Jatiteken Kulon, Desa Balingasal atau bisa hubungi mas Muhtalim No. telepon/WA (085747723900) buka setiap malam dan malam minggu khusus buat Galatamahan.
Jurnalis Warga: AM

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta
Pemkab Kebumen Dapat Bantuan Pendidikan Rp38 Miliar
Bupati Apresiasi Tingkat Kelulusan CGP Kebumen Termasuk Paling Tinggi di Jateng
Bupati Kebumen: Semangat Kartini Harus Tetap Menyala Meski Beda Masa
Makin Ramai, Nobar Piala Asia U23 Bakal Digelar di Moro Soetta

Arsip POKDAKAN

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2