INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PEMERINTAH DESA BALINGASAL MENGOPTIMALKAN KEMBALI FUNGSI SATLINMAS DESA

PEMERINTAH DESA BALINGASAL MENGOPTIMALKAN KEMBALI FUNGSI SATLINMAS DESA

BALINGASAL.KEC-PADURESO.KEBUMENKAB.GO.ID | SATLINMAS - Sabtu, 14 Desember 2019 Pemerintah Desa Balingasal bertempat di Balai Desa dilaksanakan pembinaan 21 orang anggota SATLINMAS se-Desa Balingasal. Para anggota SATLINMAS juga akan diberikan seragam dan mengikuti pelatihan dalam kelanjutan kegiatan yang juga sudah dianggarakan dalam Anggaran Pendapatan dan Balanja Desa (APBDesa) tahun anggaran 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut menjadi narasumber Serka Ngadiman (Babinsa/Anggota Posramil Padureso), Bripka Tukijan (Babinkamtibmas Polsek Padureso), Udhi Purnomo (Sekdes), Nasekun.(Kasi Pemerintahan/Pelaksana Kegiatan) dan Sukro Harsono (Kepala Dusun II)

Dalam kesempatan ini sambutan Udhi Purnomo (Sekdes Desa Balingasal a.n Kepala Desa Balingasal), mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kehadirannya memenuhi undangan dari Pemerintah Desa, dan sekaligus memberikan 6 stel Seragam Satlinmas yang diberikan secara simbolis.

Paparan dari Ngadiman (Anggota Posramil Padureso), menghimbau dan berharap agar para anggota satlinmas lebih aktif merespon keadaan dan ancaman lingkungan di wilayah masing-masing dan melaporkan keadaan tersebut kepada kepala wilayah yaitu kepala dusun. Jika memang informasi tersebut bisa lebih dini disampaikan, Pemerintah Desa dengan Muspika bisa segera melakukan koordinasi untuk melakukan tindakan antisipasi sebelumnya.

Dalam pembinaan tersebut narasumber memberikan pengarahan menurut bidang masing-masing. Satlinmas merupakan bagian integral dalam sistim pertahanan keamanan nasional, satlinmas juga merupak satuan keamanan Indonesia yang di bentuk di setiap desa dan anggotanya di angkat dari masyarakat yang telah di berikan pelatihan oleh militer di bawah pengawasan Bupati.

Dengan aturan yang ada tersebut Bripka Tukijan menyampaikan fungsi linmas dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Era modern ini, sebagian besar orang mungkin sudah melupakan satlinmas. Para aparat keamanan lebih terfokus pada peningkatan kuantitas dan kualitas perlengkapan dan peralatan pengamanan. Mereka lupa, ada Satuan Perlindungan Masyarakat atau Satlinmas yang sebenarnya memiliki fungsi vital dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat.

Satlinmas merupakan jajaran keamanan pertama yang turun langsung ke masyarakat, misalnya terjadi perselisihan warga. Satlinmas biasanya akan membantu menyelesaikannya bersama Kepala Desa setempat. Kenakalan remaja, tindakan pencurian maupun penanganan pertama terhadap bencana tak akan luput dari perhatian satlinmas.

Tugas satlinmas seperti yang tertuang dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 antara lain membantu dalam penanggulangan bencana; membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat; membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan; membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu; dan membantu upaya pertahanan Negara.

Pemilihan Umum adalah kegiatan akbar secara nasional termasuk mendapat sorotan dunia internasional, dan disini fungsi anggota satlinmas sangat vital berkaitan erat dengan pengamanan tempat pemungutan suara. Termasuk secara legalitas dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum, karena di Tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Kebumen akan melaksanakan Pesta Demokrasi yaitu Pemilu Kepala Daerah (Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati).

Setelah kegiatan dalam ruang selesai, Satlimas diajak ke halaman Balaidesa untuk melaksanakan Pelatihan Baris Berbaris.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

SATLINMAS Terkait

Kebumen Terkini

POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta
Pemkab Kebumen Dapat Bantuan Pendidikan Rp38 Miliar
Bupati Apresiasi Tingkat Kelulusan CGP Kebumen Termasuk Paling Tinggi di Jateng
Bupati Kebumen: Semangat Kartini Harus Tetap Menyala Meski Beda Masa
Makin Ramai, Nobar Piala Asia U23 Bakal Digelar di Moro Soetta

Arsip SATLINMAS

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2