INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Pelatihan Satlinmas Desa

Pelatihan Satlinmas Desa

SATLINMAS | Dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Linmas, Pemerintah Desa Balingasal Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen mengadakan pelatihan. Kegiatan digelar pada Senin (08/08/2022) di Balai Desa dan Halaman Balai Desa Balingasal

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Salah satu tugas pokok dan fungsi linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desa.

Kepala Desa Balingasal (Manang), dalam sambutannya mengatakan bahwa indikator suksesnya pelatihan linmas adalah : meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

Camat Padureso (Katut Waluyo, A.P) sebagai Narasumber juga menyampaikan, pembinaan dan pembekalan bagi anggota Satlinmas ini juga bertujuan keamanan lingkungan serta untuk persiapan Pengamanan Pemilihan Umum yang akan datang.

Narasumber lain yang ikut memberikan materi adalah Rismanto anggota Bhabinkamtibmas Polsek Padureso sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif.

Suroto yang baru menjabat sebagai Kasi Trantib Kecamatan Padureso juga memberi arahan Tugas Pokok dan fungsi sebagai Satlinmas Desa.

"Dengan pembekalan materi teori dan praktik diharapkan mereka bisa membantu aparat keamanan untuk mengamankan jika di desa terjadi keributan pada event-event yang mengundang banyak orang sehingga pelaksanaan acara bisa berjalan aman dan lancar sesuai harapan," ujarnya.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan latihan Baris Berbaris bagi anggota linmas yang dipandu Rismanto Bhabinkamtibmas Polsek Padureso.

Dokumentasi bisa dilihat di tautan berikut https://balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/gallery_foto/745

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta
Pemkab Kebumen Dapat Bantuan Pendidikan Rp38 Miliar
Bupati Apresiasi Tingkat Kelulusan CGP Kebumen Termasuk Paling Tinggi di Jateng
Bupati Kebumen: Semangat Kartini Harus Tetap Menyala Meski Beda Masa
Makin Ramai, Nobar Piala Asia U23 Bakal Digelar di Moro Soetta

Arsip SATLINMAS

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2