INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

BINLUH KAPOSKAMLING POLRES KEBUMEN

BINLUH KAPOSKAMLING POLRES KEBUMEN

SATLINMAS | Negara Indonesia memiliki sebuah kebudayaan yang rasanya jarang kita dengar ada di negeri lain, penjagaan malam hari dari warga, untuk warga, dan oleh warga, yang dinamakan Siskamling. Mari mengenal konsep siskamling yang sudah umum kita jumpai praktiknya di Indonesia dan agar budaya Siskamling tetap melekat pada diri setiap orang Indonesia dalam mewujudkan kamtibmas. Sejak kapan sebetulnya budaya ini berkembang di Indonesia? Konon, pelaksanaan Siskamling berlanjut dari adanya pos penjagaan pada zaman Belanda masih menjajah Indonesia. Dahulu pos-pos penjagaan ini bertujuan untuk mengawasi pribumi yang tinggal di tempat tertentu. Sampai tahun-tahun Indonesia dijajah oleh negeri matahari terbit pun masih ada sistem pos penjagaan seperti ini. Kemudian, setelah merdeka, pos-pos penjagaan ini berubah seratus delapan puluh derajat fungsinya untuk mengawasi warga negara asing yang ada di daerah Indonesia. Kemudian seiring berjalannya waktu, tak ada lagi warga negara asing yang berani menindas warga Indonesia, sehingga pada akhirnya fungsi pos ini berubah menjadi pos keamanan lingkungan yang menjaga keamananan dan ketertiban lingkungan tempat tinggal. Sejatinya Siskamling telah memiliki kekuatan hukum melalui Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No. 23 tahun 2007. Peraturan ini secara umum terdiri dari 3 BAB, yaitu Ketentuan Umum, BAB II mengenai Pembentukan, Fungsi, dan Komponen Siskamling, dan BAB III mengenai Pos Kamling, dan BAB IV mengenai Pembinaan Siskamling, dan BAB V mengenai ketentuan penutup. Kita semua tentu menginginkan kondisi aman di lingkungan sekitar kita. Aman yang bebas dari gangguan fisik maupun psikis, bebas dari kekhawatiran, keragu-raguan dan ketakutan, dilindungi dari segala macam bahaya, serta kedamaian, ketentraman lahiriah dan batiniah.

Pada hari ini, Selasa (14/03/2023) Polres Kebumen melalui satuan BINMAS nya mengadakan suatu Kegiatan BINLUH KAPOSKAMLING. Kegiatan tersebut bertempat di gedung olah raga Polres Kebumen. Untuk undangan anggota poskamling setiap kecamatan mewakilkan dua orang, acara di mulai sekitar pukul 09.00 WIB dan dihadiri sekitar 56 orang se-Kabupaten Kebumen. Kegiatan diawali dengan apel bersama anggota poskamling. Inspektur upacara AIPTU JOYO.S dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada semua yang telah hadir pada hari ini, yang mana Kasatkamling sangatlah berpengaruh dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, sebagai petugas satkamling kita harus tahu tugas dan wewenangnya. Satkamling merupakan salah satu kegiatan yang positif buat masyarakat. Setelah selesai dalam pidatonya apel ditutup dengan doa. Kegiatan tersebut berjalan sekitar 30 menit, setelah selesai apel semua peserta dipersilahkan untuk duduk santai di tempat yang sudah disediakan.

Acara dilanjutkan dengan ngobrol santai/musyawarah yang mana dipandu oleh AIPDA DALIMAN, beliau mengatakan bahwa Binmas sangat mengapresiasi untuk bisa terus bekerja sama dengan Satkamling, dikarenakan informasi-informasi tentang keamanan di masyarakat sangatlah penting, maka dari itu sebagai keamanan lingkungan kita harus tahu apa tugas kita dan bagaimana cara mengatasi permasalahan di lingkungan masyarakat. Dalam Poskamling harus ada peralatan pendukung kegiatan seperti kentongan, jas hujan, borgol, senter, tongkat dan semua peralatan tersebut harus ada di pos jaga, disamping itu juga disediakan buku administrasi seperti daftar hadir, buku tamu, buku mutasi, buku kegiatan,dan buku aset, disetiap malamnya buku tersebut harus diisi sesuai kegiatannya agar kita jadi tahu dan bisa buat koreksi kedepannya. Setelah itu dibuka sesi tanya jawab. Pak ‘sogol’ perwakilan dari Kecamatan Padureso sedikit bercerita bahwa selama ini kita sebagai petugas poskamling melaksanakan tugasnya dengan kealamian di kampung artinya kita berangkat ke poskamling terus jimpit dan kumpul lalu pulang. Pak ‘sogol’ juga menayakan, bisakan BINMAS melalui Babinsa untuk memberi tahu kami tentang apa saja yang dibutuhkan baik sarpras dan administrasinya agar kita bisa mengetahui hal tersebut. Pertanyaan kedua oleh Saudara Tikno dari Kecamatan Mirit beliau bertanya dalam perlombaan Satkamling, apakah ditunjuk dari Polsek atau mendaftar sendiri ke Polsek, lalu dilanjutkan Saudara Waluyo dari Karangsambung, beliau bertanya bolehkah sebagai petugas Satkamling juga ikut membantu masyarakat apabila terkena musibah banjir atau longsor.

AIPDA  A.R HIDAYAT bahwa kelengkapan-kelengkapan Poskamling itu harus dipenuhi agar bisa membantu dan mempermudah kerja kita, juga buku administrasi harus lengkap, dengan buku tersebut kita jadi tahu selama ini apa yang kita kerjakan sebagai petugas Poskamling, khusus buku mutasi harus diisi kegiatan apa dan ada kejadian apa saat kita berjaga di pos. AIPTU JOYO .S menambahkan lomba Satkamling sementara ini ditunjuk oleh Distrik Polsek dengan kriteria siapa yang siap sebagai peserta dan keaktifan daripada Siskamling tersebut. Tapi akan lebih baik kalau Poskamling di wilayah saudara untuk mendaftarkan sebagai peserta lomba kami sangat berterimakasih kalau sampai seperti itu, kami sebagai petugas Satkamling kita jangan memilah dan memilih apapun itu, apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan kita mari kita bantu, toh semua itu adalah pekerjaan yang mulia. AIPTU JOYO.S juga menegaskan petugas Poskamling adalah pekerjaan yang mulia karena kita menjaga keamanan, kenyamana, serta melindungi masyarakat. Mari kita jaga dan pertahankan kegiatan Poskamling yang sudah menjadi arwah Negara Indonesia.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

2.604 Pegawai Honorer di Kebumen Bakal Segera dapat THR
Gelar Rakor Ekuinda, Kebutuhan Bahan Pokok di Kebumen Terpantau Aman
Kali Pertama, Bupati Kebumen Sahur Bersama Warga di Dusun Terpencil
Bupati Kebumen Serahkan 101 Sertifikat Tanah ke Warga Desa Poncowarno
Bupati Kebumen Tepis Anggapan Sempor dan Gombong Tidak Disentuh Pembangunan

Arsip SATLINMAS

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2