INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Pembinaan dan Penguatan Kapasitas BUMDes

Pembinaan dan Penguatan Kapasitas BUMDes

BUMDes Karya Mandiri | Menyambut ulang tahun Undang-undang Desa yang ke tujuh, Asosisai BUMDes Kabupaten Kebumen melakukan safari pembinaan dan penguatan kapsitas BUMDes di setiap kecamatan. Hal ini dilakukan untuk meriview Kembali amanat yang tekandung dalam Undang-undang Desa  No 6 Tahun 2014 pasal 78, yang mana pembangunan desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan kualitas hidup manusia seta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutunan dasar, pembangunan saran dan prasarana Desa, pengembanagan potensi local, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Untuk menjalankan hal tersebut di atas salah satu wadahnya adalah melalui BUMDes,  oleh karena itu asosiasi BUMDes tingkat Kecamatan Padureso mengadakan Pembinaan dan Penguatan Kapasitas BUMDes yang dilaksakan pada Hari Minggu, 17 Januari 2021 bertempat di Balaidesa Balingasal dengan mengundang stakeholder dari setiap desa se Kecamatan Padureso, diantaranya Kepala Desa, Ketua BPD, Direktur Bumdes beserta pengurusnya

Kepala Desa Balingasal memberikan sambutan selaku tuan rumah menyampaikan pentingya pertemuan seperti ini untuk membangun kekompakan khususnya di tingkat desa dan selanjutnya merambah menuju kekompakan BUMDes se kecamatan serta saling mengisi dan berbagi. Bagi BUMDes yang sudah maju agar berbagi ilmu dan trik dengan BUMDes yang baru mulai berjalan, begitu sebaliknya BUMDes yang belim berkembang agar jangan malu tanya kepada yang sudah bekembang.

Hadir juga dalam acara ini perwakilan pendamping desa Kecamatan Padureso, Diyo Haryono dalam sambutannya menyampaiakn bahwa BUMDes merupakan soko guru pembangunan desa kedepan, mengingat kedepan bantuan dari pemerintah tidak ada yang bisa menjamin keberlangsungannya. Seperti saat ini saja besaran bantuan DD mulai berubah ubah niminalnya. Maka dari itu BUMDes menjadi penting sebagai sumber PADes. Namun demikian, sebagai bentuk tanggung jawab dan akuntabilitas bagi pengelola BUMDes, maka LPJ menjadi suatu keniscayaan yang harus dikerjakan, apalagi saat ini sudah di akhir tahun anggaran dan akan masuk di tahun anggaran selanjutnya.
Senada dengan hal di atas, Musika Aji selaku Ketua Asosiasi BUMDes Kabupaten juga menyampaikan pentingnya LPJ, terutama bagi BUMDes yang menerima Bantuan Ketahanan Pangan dan penyalur JPS Provinsi maka PR yang harus segera diselesaikan adalah membuat LPJ yang dilaporkan ke Pemerintah Desa dan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.
Lebih lanjut disampaikan bahwa perjalanan BUMDes harus mengacu pada AD/ART yang telah disusun Bersama Pemdes dan BPD, dan apabila AD/ART sudah tidak relevan atau akan dimasukan program dan aturan baru maka AD/ART tersebut bisa direvisi sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama.

Perubahan ini menjadi penting mengingat adanya bantuan keuangan dari provinsi dimana dari dana tersebut BUMDes dituntut untuk menjalankan bisnis sebagai supliyer kebutuhan toko-toko yang ada di desa.
Mengingat BUMDes Kecamatan Padureso yang mendapatkan Bankeu  ada tujuh desa, maka Kerjasama antar BUMDes menjadi penting, dengan sitem holding yaitu dengan kulakan bersama sehingga bisa mendapatkan barang yang lebih murah, karena belanja barang dengan volume besar tentu berbeda dengan belanja dengan volume kecil, selain itu secara opersional juga lebih murah. Dengan seperti ini, lagi-lagi Kerjasama itu penting, kekompakan itu pasti akan membawa keberkahan dan kemanfaatan lebih besar.
Dengan kegiatan ini, menjadi penggugah semangat baru bagi pengurus BUMDes untuk membangun bisnis dan usaha BUMDes agar bisa membuka peluang pekerjaan dan membantu membangun perekonomian masyarakat serta memberi tambahan PADes yang lebih besar.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

2.604 Pegawai Honorer di Kebumen Bakal Segera dapat THR
Gelar Rakor Ekuinda, Kebutuhan Bahan Pokok di Kebumen Terpantau Aman
Kali Pertama, Bupati Kebumen Sahur Bersama Warga di Dusun Terpencil
Bupati Kebumen Serahkan 101 Sertifikat Tanah ke Warga Desa Poncowarno
Bupati Kebumen Tepis Anggapan Sempor dan Gombong Tidak Disentuh Pembangunan

Arsip BUM DESA "KARYA MANDIRI"

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2