INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

CARA CEK AKTIF TIDAKNYA KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) WARGA

CARA CEK AKTIF TIDAKNYA KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) WARGA

CARA CEK AKTIF TIDAKNYA KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) WARGA

BERITA DESA | Halo Warga Balingasal, Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada awalnya merupakan kartu pengganti identitas warga masyarakat yang memegang kartu JAMKESMAS atau JAMKESDA.

KIS juga awalnya merupakan kartu identitas untuk peserta BPJS Gratis Penerima Bantuan Iuran atau PBI yang iuran bulanannya dibayar oleh Pemerintah. Atau Kartu Indonesia Sehat sendiri adalah kartu yang memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis, penggunanya sendiri dapat menggunakan fungsi KIS ini di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.

Sejak tahun 2018 Kartu KIS bukan hanya sebagai peserta BPJS PBI saja, namun juga digunakan sebagai Kartu Identitas yang digunakan oleh seluruh peserta BPJS baik PBI maupun Non PBI, yang sebelumnya memegang BPJS Kesehatan. Pemegang Kartu KIS untuk peserta BPJS PBI adalah warga masyarakat yang dikategorikan warga miskin atau kurang mampu, mereka secara otomatis akan menjadi peserta BPJS PBI jika sudah terdata di Dinas Sosial. Kartu Indonesia Sehat akan didistribusikan langsung ke setiap desa atau kelurahan. Kepesertaan PBI akan selalu diperbaharui sesuai dengan hasil rekonsiliasi yang dilakukan oleh Kementerian Sosial setiap 6 bulan sekali.

Untuk warga masyarakat yang awalnya memegang Kartu KIS yang sudah dikategorikan sebagai warga mampu maka Kartu PBI akan dinonaktifkan dan peserta harus daftar menjadi Peserta BPJS Mandiri. Bagi warga yang kebetulan sudah lama menjadi pemegang Kartu PBI Gratis dari pemerintah maka sebaiknya warga selalu melakukan pengecekan aktif tidaknya kartu KIS warga sebelum digunakan kembali, karena bisa saja Kartu warga sudah dinonaktifkan tanpa sepengetahuan, karena warga sudah dikategorikan sebagai warga mampu. Jika kartu sudah non aktif, artinya warga harus melakukan perubahan kepesertaan menjadi Peserta BPJS Mandiri atau Peserta BPJS Kesehatan Perusahaan.

Bagaimana cara cek Kartu Indonesia Sehat, Aktif atau Tidak?

Cara cek Kartu Indonesia Sehat atau KIS, Peserta PBI Aktif atau Tidak adalah sebagai berikut:

1.    Melalui SMS Gateway

Cara mengecek status Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat atau KIS:
KETIK NOKA<SPASI>NOMOR KARTU INDONESIA SEHAT WARGA DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400 atau bisa juga dengan pilihan KETIK NIK<SPASI>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN ATAU NOMOR KTP DAN KIRIM KE NOMOR 087775500400
SMS Gateway diatas bisa anda contoh walaupun terkadang tidak bisa berjalan mungkin karena terlalu padat. Jika SMS Gateway tidak berjalan warga bisa menggunakan alternatif lain.

2.    Melalui Aplikasi Android Mobile JKN

Silahkan buka Playstore dan download aplikasi Mobile JKN kemudian pasang di HP Android anda, lalu silahkan LOGIN di aplikasi Mobile JKN selain warga bisa mendapatkan informasi aktif tidaknya kartu KIS warga, Warga juga bisa melakukan perubahan Faskes Tingkat 1 dan melihat informasi lainnya terkait data kepesertaan.

3.    Care Center BPJS di Nomor Telepon 1500400

Caranya langsung saja lakukan panggilan, kemudian utarakan perihal maksud anda, misalnya ingin mengetahui status kepesertaan aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat warga dengan Nomor sekian..sekian atas nama siwulan dan Pihak BPJS akan memberikan informasi yang warga minta. Care Center BPJS bukan hanya bisa digunakan untuk mengecek status kepesertaan aktif tidaknya kartu warga, namun juga bisa digunakan mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat, seperti keluhan ingin mendapatkan informasi tertentu dan lain sebagainya.

4.    Datang ke Kantor BPJS Kesehatan

Ini merupakan cara terakhir yang bisa warga gunakan yaitu mendatangi Kantor BPJS Kesehatan lalu tanyakan kepada Petugas BPJS mengenai status aktif tidaknya Kartu Indonesia Sehat milik warga.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat....

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2