INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

MANDIRI DENGAN HASIL BUMI

MANDIRI DENGAN HASIL BUMI

BERITA DESA | Pembahasan tentang pembangunan dan pengembangan ekonomi yang ada di masyarakat, tentunya hal yang harus diperhatikan. Sebagaimana dilakukan sesuai dengan potensi dan kemampuan yang ada di masyarakat demi tercapainya tingkat kesejahteraan hidup yang lebih baik. Dalam mencapai kesejahteraan tersebut diperlukan adanya kerjasama dan sikap gotong royong yang didukung dengan adanya sebuah rasa solidaritas dari seluruh masyarakat

Masyarakat Dukuh Bleber Desa Balingasal Kecamatan Padureso merupakan masyarakat yang menjunjung tinggi sikap gotong royong dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari. Pada Minggu, 10 Oktober 2021 Dukuh Bleber melaksanakan swadaya pengecoran jalan menuju pemakaman dengan modal penjualan kayu makam sebesar 16 juta rupiah. Semua pohon besar di sekitar makam ditebang karena pohonnya sudah tua dan mulai lupuk yang ditakutnya akan membahayakan masyarakat setempat.

Warga Bleber RT 01 dan 02 sepakat melaksanakan kegiatan pengecoran jalan menuju makam.  Kegiatan pengecoran dikerjakan sehari penuh yang dikomandoi oleh kepala Dukuh Bleber saudara Goltriyanto. Masyarakat Dukuh Bleber menyambut baik kegiatan tersebut dan sangat antusias dalam keikutsertaan pengecoran jalan menuju makam.

Goltriyanto mengatakan, “Kegiatan ini sangat penting. Jalan menuju makam haruslah bagus dan lebar karena dibutuhkan untuk membawa jenazah saat dimakamkan. Kalau jalannya sempit kita akan kesusahan membawa jenazahnya. Dan suatu saat nanti juga kita semua akan melewati jalan ini.” Kegiatan dimulai hari minggu yang mana setiap RT mengirimkan 11 orang pekerja. Setiap hari ada sekitar 25 pekerja termasuk perangkat Dukuh Bleber dan kepala tukang.

Pengerjaan pengecoran jalan di mulai pukul 7.00-15.00 WIB, terkait konsumsi untuk pekerja dibebankan ke masyarakat jadi setiap pagi itu tanggungjawab RT 01 untuk membawa nasi bungkus, makanan ringan dan minuman. Sedangkan sore menjadi tanggungjawab RT 02. Setiap hari Pak RT menyuruh 5 orang warganya untuk membuat nasi bungkus dan 2 orang membuat makanan ringan dan minuman.

RT.001 dikomandoi oleh saudara Sumini/ Lasmin, sedangkan RT.002 dikomandoi saudara Nur Wahid. Pelaksanaan kegiatan pengecoran selesai selama 5 hari tepatnya Kamis, 14 Oktober 2021. Adapun material yang dihabiskan antara lain pasir 3 truk, splite 2 truk, semen 105 sak, dan 15 liter solar. Total biaya yang dihabiskan sekitar Rp.13.995.000. Kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala desa Balingasal, perangkat desa Dukuh Bleber yaitu Bapak Nasekun dan Bapak Warsino, kemudian tidak kalah tokoh agama  Islam pedukuhan Bleber yaitu Bapak Nadirin dan Bapak Komarudin. 

Bapak Sumiyanto selaku tokoh masyarakat dan juga ketua BPD Balingasal mengatakan “Sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Bleber yang mana dana swadaya masyarakat Dukuh Bleber ini bisa buat contoh yang lain.” Beliau juga mengatakan “Antusiasme masyarakat Dukuh Bleber RT 01 dan RT 02 ini harus dipertahankan, bahwa kemajuan desa berawal dari dukuh yang mandiri.” Terimakasih kepada semua lapisan masyarakat terutama pedukuhan Bleber RT 01 dan 02 yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil. Hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi kita semua. Semoga kerukunan masyarakat Dukuh Bleber tetap terjaga dengan adanya rasa solidaritas yang tinggi dalam kehidupan masyarakat. Terus lanjutkan kegiatan-kegiatan lainnya dari yang terkecil untuk kemajuan yang lebih besar.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Ada 86 Kasus, Bupati Ingatkan Bahaya DBD, dan Himbau Jaga Kebersihan
Ribuan Warga Ikut Nobar Indonesia-Australia di Alun-alun Pancasila Kebumen
Bupati Kebumen Sediakan Rp1 Miliar untuk Hadiah Kuis di Media Sosial
Bupati Kebumen Jenguk Korban Laka Truk di Giritirto, Berharap Kejadian ini Tak Terulang
Menpora Harap Lomba Pacuan Kuda Kebumen Jadi Pioner.

Arsip Berita Desa

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2