INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

RAPAT EVALUASI DAN LAUNCHING APLIKASI LOMBA DESA

RAPAT EVALUASI DAN LAUNCHING APLIKASI LOMBA DESA

BERITA DESA | Bertempat di Gedung Sekda Kabupaten Kebumen Selasa, 21 Desember 2021 dilaksanakan Rapat Evaluasi Pembangunan Desa  dan Launching Aplikasi Lomba Desa.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, S.H. Jajaran Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemkab Kebumen, serta Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutannya Bupati Kebumen menyampaikan bahwa lomba desa adalah langkah komprehensif terarah dan terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan dalam rangka mengevaluasi dalam pembinaan pemerintah desa. Selain itu lomba desa pada hakekatnya untuk menguatkan kerukunan masyarakat melalui partisipasi bersama serta kemandirian masyarakat dalam membangun desa yang ditandai dengan kualitas kehidupan. Bupati juga mengatakan kegiatan tersebut juga untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan apa saja pada program dan kegiatan dan upaya apa yang harus ditempuh untuk menyikapi permasalahan yang timbul dalam realisasi kegiatan.

Bupati juga menyampaikan beberapa hal terkait dengan laporan evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun 2021, masih diantaranya terdapat Kepala Desa dan Sekretaris Desa masih memegang uang desa. Desa bisa membuat SPJ tetapi kegiatan belum dilaksanakan dan pengelolaan keuangan desa masih ditangani satu atau dua orang perangkat desa. Lebih jauh Bupati berharap setiap desa ikut berkompetisi secara positif dan sportif. Desa yang memenangkan lomba menjadi contoh dan teladan bagi desa lain yang berada di Kabupaten Kebumen.

Sementara itu Kepala Dispermades P3A Kabupaten Kebumen Cokro Aminoto mengatakan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini sebagai bahan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dan selanjutnya bisa dijadikan bahan perbaikan kedepan serta sarana sosialisasi aplikasi lomba desa. Diharapkan dengan launching aplikasi lomba desa dapat memotivasi untuk dapat meningkatkan kinerja serta dapat memancing kinerja desa serta inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah desa.

Mengingat masih masa pandemi ini pelaksanaan dibagi menjadi dua sesi. Dimana di sesi pertama diikuti 13 camat dan 224 Kepala Desa. Sesi kedua 13 Camat dan 225 Kepala Desa. Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan paparan dengan narasumber dari Pengadilan Negeri Kebumen dan Polres Kebumen.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

2.604 Pegawai Honorer di Kebumen Bakal Segera dapat THR
Gelar Rakor Ekuinda, Kebutuhan Bahan Pokok di Kebumen Terpantau Aman
Kali Pertama, Bupati Kebumen Sahur Bersama Warga di Dusun Terpencil
Bupati Kebumen Serahkan 101 Sertifikat Tanah ke Warga Desa Poncowarno
Bupati Kebumen Tepis Anggapan Sempor dan Gombong Tidak Disentuh Pembangunan

Arsip Berita Desa

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2