INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

POS SATKAMLING DUSUN BLEBER MENJADI PESERTA LOMBA POS SATKAMLING POLRES KEBUMEN

POS SATKAMLING DUSUN BLEBER MENJADI PESERTA LOMBA POS SATKAMLING POLRES KEBUMEN

BERITA DESA | Lomba Sat Kamling kembali digelar Sat Binmas Polres Kebumen. Pemenang akan mewakili lomba di tingkat Polda Jateng, untuk tahun anggaran 2023. Lomba yang diikuti sedikitnya 6 Pos Sat Kamling dari perwakilan Rayonisasi Polsek timur, tengah dan barat. Kegiatan dimulai Senin 12 September 2022 malam.

Kegiatan lomba yang diinisiasi oleh Sat Binmas Polres Kebumen, disambut antusias masyarakat. Salah satunya adalah peserta lomba Pos Satkamling RT.001, 002 RW.005, Dusun Bleber, Desa Balingasal Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen, semangat sekali mengikuti lomba. Pos Kamling Dusun Bleber menjadi salah satu perwakilan peserta lomba kelompok A di bawah binaan Polsek Mirit, Polsek Prembun, Polsek Padureso, dan Polsek Bonorowo selaku tuan rumah. 

Pra Acara juga diisi kegiatan Penyaluran Bantuan Beras kepada 20 KPM masing-masing menerima 5 kg beras yang langsung dibagikan oleh Kapolsek Padureso Ipda Fuad Inayah, SH. Hadir pula dalam kegiatan lomba Anggota DPRD Kebumen Tatag Sajoko, SH, dan Kapolres Mirit, Prembun dan Bonorowo.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Kebumen AKP Marheni mengungkapkan, penilaian meliputi kelengkapan Pos serta peragaan dalam menangani gangguan kamtibmas ataupun bencana alam. “Bagaimana kelengkapan Pos nya, peragaan menangani sebuah masalah saat ronda juga dilakukan penilaian. Ini sekaligus sebagai wawasan warga, agar mengetahui apa yang dilakukan jika terjadi persoalan saat ronda malam,” timpa AKP Marheni.

Camat Padureso Katut Waluyo, A.P pada sambutannyal menyampaikan bahwa lomba Sat Kamling di Desa Balingasal menyambut positif kegiatan dari Sat Binmas. Selanjutnya, evaluasi juga menjadi penting dalam lomba ini agar desa-desa mengetahui untuk berbuat apa saat menangani masalah. “Yang paling penting bagaimana pelaksanaan Sat Kamling di tiap-tiap desa. Lomba ini bisa menjadi acuan, bagaimana kita menciptakan situasi yang kondusif, bersinergi dengan instansi terkait. Ia berpendapat bahwa keamanan bukan hanya tanggung jawab TNI ataupun Polri, namun juga tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Sesuai yang dititipkan oleh Polres Kebumen, kami berharap ini bukan hanya peragaan namun juga diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena keamanan bukan hanya tanggung jawab Polri, tapi tanggung jawab masyarakat secara keseluruhan.

Lomba Sat Kamling merupakan agenda rutin dalam setiap tahunnya dari Sat Binmas. Pada Sat Kamling Desa Balingasal, warga setempat memperagakan bagaimana melakukan ronda malam yang dimulai dari pengecekan petugas jaga, arahan kepala jaga dan patroli perkampungan. Termasuk menangani kasus pencurian, kecelakaan dan kebakaran yang selanjutnya melaporkan ke Bhabinkamtibmas Polsek Padureso.

Kasat Binmas Polres Kebumen AKP Marheni saat memimpin penilaian lomba mengungkapkan, Pos Kamling Dusun Bleber Desa Balingasal nyaris sempurna karena banyak kelengkapan ronda yang disiapkan warga. "Pada penilaian malam ini, khususnya di Pos Kamling Dusun Bleber Desa Balingasal sudah cukup bagus. Fasilitas Pos Kamling cukup lengkap. Antisipasi masyarakat juga tinggi," jelas AKP Marheni mewakili Kapolres Kebumen.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Bupati Kebumen Jenguk Korban Laka Truk di Giritirto, Berharap Kejadian ini Tak Terulang
Menpora Harap Lomba Pacuan Kuda Kebumen Jadi Pioner.
Open House Hari Keempat, Bupati Kebumen: Jika Ada Kekeliruan, yang Patut Disalahkan Pemimpinnya.
Dikelola Bumdesma, Wisata Pantai Pandan Kuning Park Semakin Baik, Pengunjung Membludak
Disiapkan Ro50 Juta, Ratusan Warganet Dapat Hadiah Kuis dari Bupati Kebumen

Arsip Berita Desa

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2