INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

PELUANG EMAS DIBALIK BUDIDAYA ALPUKAT

PELUANG EMAS DIBALIK BUDIDAYA ALPUKAT

POTENSI DESA | Watono (36) seorang pembudidaya tanaman asal Desa Balingasal yang bisa melihat peluang emas dari budidaya alpukat. Watono awalnya menekuni budidaya alpukat karena kecintaanya pada buah, khususnya alpukat. Tidak disangka ternyata hobinya bisa menjadi ladang penghasilan yang menjajikan. 

Dalam perdagangan dunia, alpukat merupakan komoditas buah yang penting; volume perdagangannya menempati urutan ke-5 susudah jeruk, pisang, nanas, dan mangga. Tingginya jumlah permintaan pasar dapat menjadi peluang usaha penjualan pembibitan tanaman alpukat yang memberikan keuntungan besar. 

Watono mengatakan bahwa pada awalnya mencoba menanam alpukat sebanyak 50 batang di polibag dengan modal Rp 750.000,00. Pembudidaya alpukat pada era agribisnis seperti ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik sosial ekonomi maupun lingkungan hidup. Setelah tumbuh sekitar 9 bulan, tanaman alpukat tersebut pun memiliki nilai jual yang relatif tinggi sejumlah 100.000,00 perbatang. Dimulai dari situlah laki-laki berusia 36 tahun ini memiliki pemikiran untuk memulai usaha budidaya alpukat. 

Bermula dari 50 batang alpukat, usaha Watono terus berkembang. Omset penjualan juga semakin naik, sehingga dia berpikiran untuk memperbanyak pohon alpukatnya. Hingga saat ini, dia bisa menamam alpukat hingga 250 batang. Adapun total penjualan setiap bulan bisa menjual hingga 100 batang dengan nominal mencapai Rp 10.000.000,00. 
Dalam pekerjaannya, Watoni bekerjasama dengan petani dari Kemiri dan Purbalingga. Dia juga mempunyai 2 pekerja untuk membantu merawat tanaman alpukat. Pekerjanya diambil dari masyarakat sekitar tempat tinggalnya. 

Dalam akhir wawancara, Watono berpesan agar masyarakat bisa hidup sehat dengan mengkonsumsi buah alpukat. Alpukat dikenal sebagai salah satu buah yang popular di berbagai kalangan usia. Tak hanya karena rasanya, buah berwarna hijau ini terkenal karena kandungan gizinya. Kandungan nutrisi yang kaya dalam alpukat membuat buah ini makin digemari. Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2