INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Hasil Musyawarah UPZ dan PHBI Desa Balingasal

Hasil Musyawarah UPZ dan PHBI Desa Balingasal

UPZ BALINGASAL | Balingasal (05/04/2024) berlokasi di Serambi Masjid Nurul Ulum Dukuh Kenayan Desa Balingasal, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Desa Balingasal mengadakan musyawarah panitia, yang dihadiri oleh Kepala Desa dan perangkatnya, tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua RT, Ketua RW dan warga sekitar Masjid. Sekitar 50 orang undangan yang menghadiri acara tersebut. Acara dimulai pukul 21.00 WIB/sehabis sholat tarawaih.

Acara dibuka oleh Ketua UPZ Desa Balingasal (Ky.Saifur Rahman), beliau mengatakan bahwa besaran zakat fitrah sudah ditentukan oleh Kemenag RI dan berdasarkan hasil rapat Kementerian Agama Kabupaten Kebumen tanggal 14 Maret 2024 antara lain: 

  1. Zakat / Beras rojolele 2,85 Kg harga perkg Rp 15.000 besaran zakat Rp 42.750,-
  2. Zakat / beras mentikwangi 2,85 Kg harga perkg Rp 16.000 besaran zakat Rp 45.600,-
  3. Zakat / beras IR 64 ( kW medium ) 2,75 Kg harga per kg 13.000 besaran zakat Rp 35.750

Dalam musyawarah, Ketua UPZ Desa Balingasal menerangkan bahwa umumnya masyarakat mengkonsumsi beras IR 64 (kw Medium), maka hasil musyawarah, zakat di Desa Balingasal menggunakan beras IR 64 dan kalau diuangkan maka sebesar Rp.35.000,- (tiga puluh lima ribu rupiah).

Acara dilanjutkan musyawarah perencanaan Silaturahmi dan Halal Bi Halal Jamaah Masjid Nurul Ulum yang dipandu oleh Ketua PHBI Masjid Nurul Ulum (Marsono, S.Pd). Bahwa acara silaturahmi yang rutin kita laksanakan di 3 Masjid. (Masjid Nurul Ulum, Masjid Salafiyah dan Masjid Nurul Huda). Hasil musyawarah untuk acara Silaturahmi Jamaah Masjid Nurul Ulum akan dilaksanakan besok hari Sabtu Pahing tanggal 20 April 2024. Khusus untuk Jamaah Masjid Nurul Ulum atau 4 Pedukuhan (Kenayan, Pepedan, Bleber dan Kalapacung) agar membuat 4 Dus Nasi, snack dan air minum. 

Acara selanjutnya sambutan Kepala Desa Balingasal (Manang), beliau mengatakan terimakasih atas undangannya dan silahkan untuk dilaksanakan sesuai hasil musyawarah. Untuk acara silatirahmi dan Halal Bi Halal, dari APB Desa TA. 2024 sudah menganggarkan kegiatan tersebut, hanya untuk subsidi kegiatan.

Acara ditutup dengan bacaan Hamdalah bersama-sama, semoga selama satu bulan kita menjalankan ibadah puasa menjadikan kita lebih dekat kepada Yang Kuasa, menjadi amal ibadah yang baik dan disempurnakan dengan kita membayar zakat fitrah.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip UNIT PENGUMPUL ZAKAT (UPZ)

Statistik Pengunjung