INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

DESA BALINGASAL DICANANGKAN SEBAGAI KAMPUNG PANCASILA

DESA BALINGASAL DICANANGKAN SEBAGAI KAMPUNG PANCASILA

BERITA DESA | Semakin berkembangnya jaman, nilai-nilai Pancasila mengalami ketimpangan-ketimpangan yang mengakibatkan pudarnya nilai-nilai Pancasila. Ketimpangan itu terjadi, karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, adanya pengaruh globalisasi juga memperingaruhi nilai-nilai Pancasila, arus globalisasi dapat memberikan peluang dan juga ancaman. Peluang tersebut dapat digambarkan bahwa globalisasi dapat memiliki pengaruh bagi pertumbuhan dan pembangunan bangsa dan negara. Sedangkan ancamannya dapat digambarkan berupa kekhawatiran yang terjadi terhadap tergerusnya identitas bangsa Indonesia. Sebagai pandangan hidup, Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang telah digagas dan dikaji oleh para tokoh terdahulu.

Untuk itu pentingnya dicanangkan Kampung Pancasila di Desa. Kampung Pancasila mampu mempererat seluruh komponen bangsa di wilayah, agar terwujudnya kehidupan yang lebih harmonis, meskipun ada perbedaan agama, suku, ras dan golongan.

Desa Balingasal adalah salah satu Desa di Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen yang telah dicanangkan dan diresmikan sebagai Kampung Pancasila. Kampung Pancasila diresmikan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun dan damai dengan berideologi Pancasila.

Turut hadir bersama Danposramil Padureso Peltu Supomo, Camat Padureso Katut Waluyo, A.P, Kapolsek Padureso Ipda Fuad Inayah, SH, Kades Balingasal Manang, Kades Merden Suprapto, Kades Kalijering Suyanto, Kades Sidototo Sulyanto, Ketua BPD Sumiyanto, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta warga masyarakat Desa Balingasal. Pencanangan Kampung Pancasila tersebut dipimpin langsung oleh Danposramil Kecamatan Padureso Peltu Supomo pada hari Senin, 12 September 2022. Serta ditandai dengan Pemukulan Gong oleh Camat Padureso dan Pemotongan Pita Gerai Kampung Pancasila oleh Danposramil Padureso.

Danposramil Padureso Peltu Supomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Balingasal merupakan desa yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila di Kecamatan Padureso. Desa Balingasal dijadikan Kampung Pancasila karena merupakan desa yg sangat majemuk yang masyarakatnya sangat rukun, gemar gotong royong dan damai. Pancasila merupakan lambang dasar Negara Indonesia sebagai simbol bangsa yang di dalamnya memiliki arti dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

"Atas nama pemerintah kecamatan, kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan inisiatif pencanangan desa Balingasal sebagai Kampung Pancasila. Kita semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhinneka Tunggal Ika. Desa Balingasal kita canangkan sebagai Kampung Pancasila merupakan miniatur bangsa Indonesia semoga dapat menjadi contoh bagi desa lain, selamat untuk desa Balingasal semoga semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yg penuh perbedaan tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat” pungkas Camat Padureso.

Kampung Pancasila ini dibentuk untuk mengembangkan suatu kerukunan di lingkungan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan maupun kemakmuran, sesuai dengan agama dan nilai nilai yang terkandung dalam butir Pancasila. Selain itu diharapkan dapat mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda. Aplikasi dari Kampung Pancasila dapat terlihat dari kegiatan sosial, kerukunan, dan toleransi antar umat beragama sehingga masuk kriteria menjadi dasar dibentuknya Kampung Pancasila.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Pemkab Kebumen Raih Penghargaan BKN  Terkait Pertek Pegawai Pensiun
POPDA Se Karesidenen Kedu Resmi Dibuka di Kebumen, Diikuti 834 Peserta
Pemkab Kebumen Dapat Bantuan Pendidikan Rp38 Miliar
Bupati Apresiasi Tingkat Kelulusan CGP Kebumen Termasuk Paling Tinggi di Jateng
Bupati Kebumen: Semangat Kartini Harus Tetap Menyala Meski Beda Masa

Arsip Berita Desa

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2