INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PELATIHAN SATLINMAS DESA TAHUN 2023

PELATIHAN SATLINMAS DESA TAHUN 2023

SATLINMAS | Program pelatihan peningkatan kapasitas Satuan Perlindungan Masyarakat Desa (Satlinmas Desa) yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis (9-10 Agustus 2023) bertempat di Balai Desa Balingasal. Kegiatan ini juga sudah masuk di kegiatan APB Desa Tahun Anggaran 2023, bertujuan untuk memperkuat kemampuan warga desa dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan mereka. Pelatihan ini melibatkan unsur dari Forkompincam Padureso selaku Narasumber Peningkatan Kapasitas dan berbagai aspek, termasuk pengetahuan tentang hukum dan peraturan, keterampilan komunikasi, pertolongan pertama, manajemen krisis, dan kemampuan dalam mengidentifikasi dan mengatasi potensi risiko atau ancaman di lingkungan desa.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara pelatihan Martinus Yudantoro, S.STP, M.Si (Camat Padureso), Aiptu Supomo (Danposramil Padureso), Iptu Sabar (Polsek Padureso) serta Suroto (Kasi Trantib Kecamatan Padureso) mengisi beberapa topik antara lain :

  1. Hukum dan Peraturan: Memberikan pemahaman tentang hukum dan peraturan yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban di desa, termasuk tugas dan wewenang Satlinmas Desa dalam menjaga ketertiban.

  2. Keterampilan Komunikasi: Mengajarkan keterampilan komunikasi yang efektif dalam berinteraksi dengan masyarakat, petugas pemerintah, dan pihak lain yang terlibat dalam pemeliharaan keamanan.

  3. Pertolongan Pertama: Melatih anggota Satlinmas Desa dalam memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan atau cedera ringan hingga tindakan pertama pada kejadian darurat.

  4. Manajemen Krisis: Mempersiapkan anggota Satlinmas Desa dalam menghadapi situasi darurat atau krisis, termasuk perencanaan evakuasi, tindakan dalam situasi bahaya, dan koordinasi dengan pihak terkait.

  5. Identifikasi Risiko dan Ancaman: Mengajarkan cara mengidentifikasi potensi risiko atau ancaman di lingkungan desa, seperti bencana alam, kejahatan, atau masalah sosial, serta bagaimana mengatasinya.

  6. Pengenalan Teknologi dan Sistem Informasi: Memperkenalkan teknologi dan sistem informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas Satlinmas Desa dalam melaksanakan tugasnya.

  7. Kerjasama dan Koordinasi: Mengajarkan pentingnya kerjasama dan koordinasi dengan aparat pemerintah, kepolisian, pemadam kebakaran, dan organisasi masyarakat lainnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

  8. Etika dan Profesionalisme: Menekankan pentingnya menjalankan tugas dengan etika dan profesionalisme, serta menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat.

  9. Latihan Fisik dan Kesiapan Mental: Melatih anggota Satlinmas Desa dalam kesiapan fisik dan mental menghadapi situasi yang mungkin memerlukan tindakan cepat dan tegas.

  10. Pengembangan Kepemimpinan: Mendorong pengembangan kualitas kepemimpinan dalam menjalankan peran sebagai anggota Satlinmas Desa.

Di hari Kedua Program pelatihan tersebut dilanjutkan kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris) juga sekalian nanti akan digunakan sebagai Barisan/Pasukan Pengibar Bendera Upacara Peringatan HUT RI ke 78 Tahun 2023.

DOKUMENTASI KEGIATAN BISA DILIHAT DI TAUTAN BERIKUT https://balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/gallery_foto/1259

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip SATLINMAS

Statistik Pengunjung