INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PANEN RAYA MASA TANAM KE 2

PANEN RAYA MASA TANAM KE 2

BERITA DESA | Indonesia merupakan negara agraris, yang mana sebagian besar penduduknya adalah petani. Karena didukung oleh luasnya lahan pertanian (sawah) dan suburnya kadar tanah. Dipertengahan bulan Juli 2023 merupakan massa dimana para petani (among tani) bersuka ria untuk persiapan panen raya. Setelah menunggu sekitar kurang lebih 70 hari dan melalui proses yang panjang dalam merawat tanaman padi. Tiba saatnya untuk memetik hasil daripada tanaman padi.

Sebelum melaksanakan panen para petani biasanya menyediakan sesaji yang biasa disebut (jabel). Dalam jabel terdapat doa-doa yang mengharap supaya diberi kelancaran, keselamatan dan hasilnya melimpah. Alat atau peralatan yang digunakan untuk memanen diantaranya sabetan, sabit, karung.

"Sabetan" merupakan alat tradisional yang terbuat dari kayu atau bambu berfungsi untuk merontokkan padi dari batangnya, cara merontokanya disabetkan atau dipukulkan batang padi ke sabetannya, agar padinya tidak berhamburan maka "sabetan" biasanya dikasih jaring kecil (waring).

Sedangkan sabit (arit) untuk memangkas atau memotong tanaman padi tersebut.dan karung untuk wadah atau tempat padinya.batang pohon padi (damen) juga dimanfaatkan para peternak sapi untuk konsumsi tambahan.

Dalam memanen padi di Desa Balingasal dimulai sekitar pukul 06.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. Pukul 11.30 s.d 13.00 WIB istirahat. Luas lahan sawah 100 ubin  biasanya sekitar 5 atau 6 orang. Saat pekerjaan dimulai sudah dibagi tugas masing-masing diantaranya dua orang motong tanaman padi (ngarit), sedangkan 4 orang nyabet atau gepyok. Disaat gepyok atau nyabet harus bergantian dikarenakan luas sabetan tidak cukup saat berjajaran. Untuk 100 ubin terdapat dua "sabetan". Waktu yang dibutuhkan untuk memanen lahan 100 ubin sekitar satu hari, dan hasil yang didapat kurang lebih 20 karung pusri (50 kg). Sedangkan upah buruh panen didesa kami sekitar "parah Pitu" (hasilnya dalam satu hari di bagi tujuh) dan hasil dari pembagian tujuh tersebut dibagi berapa banyak pekerjanya.rata rata perorang mendapat 25 kg padi basah. Dalam panen raya kali ini didesa Balingasal termasuk lumayan baik dan melimpah, mengingat setelah panen kali ini langsung ditanami palawija (kedelai atau kacang hijau).

Semoga dengan keberhasilan masa tanam dua ini ( MT 2 ) bisa memacu para petani agar lebih giat lagi dalam mengolah lahan sawahnya.dan menjadikan kaum pemuda untuk mencintai pertanian mengingat minimnya bakat pemuda menjadi penerus pertanian.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung