INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

LOMBA DESA TAHUN 2024

LOMBA DESA TAHUN 2024

LOMBA DESA TAHUN 2024

BERITA DESA | Dalam rangka mewujudkan Desa dan Kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen yang mandiri dan sejahtera, maka diperlukan evaluasi perkembangan untuk percepatan kemajuan Desa dan Kelurahan secara berkala melalui penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Kebumen Tahun 2024.

Maksud pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan adalah untuk mendorong ruang kompetisi yang positif dan sportif kepada Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan pemerintah, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat Desa dan Kelurahan.

Tujuan pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan antara lain: (1) mengevaluasi dan menilai tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan (2) Mengetahui kinerja Pemerintah Desa dan Kelurahan dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan program atau kegiatan di Desa dan Kelurahan; (3) Memotivasi Desa dan Kelurahan untuk selalu meningkatkan kinerja serta inovasi dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pelayanan publik.

Capaian Output Desa dan Kelurahan yaitu menghasilkan Desa dan Kelurahan yang berprestasi, maju, inovatif, mandiri dan sejahtera selaras dengan visi misi Bupati Kebumen yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Kebumen Tahun 2021-2026 yaitu Mewujudkan Kabupaten Kebumen Semakin Sejahtera, Mandiri, Berakhlak Bersama Rakyat.

Tema Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024 kali ini yaitu: "PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MEWUJUDKAN DESA/KELURAHAN MANDIRI MENUJU KEBUMEN MAJU, SEJAHTERA DAN BERKELANJUTAN".

Indikator Penilaian Lomba meliputi Capaian Nilai Hasil Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Evaluasi Bidang Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Evaluasi Bidang Kewilayahan Desa dan Kelurahan, Evaluasi Bidang Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan, Penyelenggaraan Pelayanan Publik (IDM, Tersedianya Peraturan Desa tentang Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Desa serta Pelunasan PBB)

Peserta Lomba Desa dan Kelurahan di Lingkungan Kabupaten Kebumen kecuali Pemenang Lomba Desa Tahun 2022 dan 2023. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung