INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

GERAKAN AKSI BERGIZI BERSAMA SISWA-SISWI MTs DAN SMK ASH SHIDDIQIYAH BALINGASAL

GERAKAN AKSI BERGIZI BERSAMA SISWA-SISWI MTs DAN SMK ASH SHIDDIQIYAH BALINGASAL

BERITA DESA | Pada hari ini Sabtu Pagi Pukul 09.00 WIB di halaman Balai Desa Balingasal diadakan kegiatan "Gerakan Aksi Bergizi." Dalam kesempatan ini hadir dari Puskesmas Padureso dr. Guntoro (Kepala Puskesmas Padureso) bersama staf dan Bidan Desa, Mulyaningsih, SE (Kasi PM Kec. Padureso), Peltu Supomo (Danposramil) bersama Bhabinsakamtibmas Wahyu, Iptu Mariman (Kapolsek Padureso) juga hadir bersama Bhabinsa, hadir pula Kepala Desa Balingasal (Manang) dan Dinas Kesehatan PPKB Kabupaten Kebumen.

Gerakan aksi bergizi merujuk pada upaya untuk meningkatkan status gizi masyarakat dan mengatasi masalah gizi buruk. Gizi yang baik adalah kunci untuk kesehatan dan perkembangan optimal, dan masalah gizi buruk dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan individu dan populasi.

Dalam acara "Gerakan Aksi Bergizi" ini antara lain :

  1. Senam Sehat bersama siswa-siswi MTs Ash Shiddiqiyah Balingasal dan SMK Ash Shiddiqiyah Balingasal yang dipandu oleh Ririn (Instruktur Senam)

  2. Edukasi Gizi: Kampanye atau program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya makanan seimbang dan bergizi serta memberikan informasi tentang jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.

  3. Suplementasi Gizi: Penyediaan suplemen vitamin dan mineral khusus untuk kelompok populasi yang berisiko mengalami defisiensi gizi (anak-anak sekolah)

  4. Pengentasan Kelaparan: Upaya untuk mengatasi masalah kelaparan dan kekurangan pangan dengan menyediakan akses yang memadai terhadap makanan bergizi bagi orang-orang yang membutuhkan.

  5. Program Pangan Sekolah: Program yang menyediakan makanan sehat di sekolah untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

  6. Pemantauan dan Evaluasi Gizi: Membuat dan mengimplementasikan sistem pemantauan gizi untuk mengidentifikasi masalah dan kemajuan dalam mencapai tujuan gizi.

"Gerakan Aksi Bergizi" adalah inisiatif baru atau sesuatu yang khusus terjadi di suatu wilayah tertentu, tujuan dari gerakan ini tentunya akan berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat secara keseluruhan.

Gerakan Aksi Bergizi dilaksanakan dengan tiga intervensi utama, yaitu (1) Sarapan dan Minum Tablet Tambah Darah bersama di sekolah/madrasah setiap minggu; (2) Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik; serta (3) Komunikasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif. Implementasi program Gerakan Aksi Bergizi tentunya diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.

Gerakan Aksi Bergizi yang dilakukan di sekolah/madrasah di Kabupaten Kebumen menuai hasil menarik. Setelah intervensi dilakukan, terjadi peningkatan pengetahuan siswa mengenai gizi, peningkatan proporsi remaja yang memiliki sikap positif terhadap TTD dan remaja putri yang mengonsumsi TTD setiap minggu, serta peningkatan remaja yang melakukan aktivitas fisik 60 menit setiap hari dan mengonsumsi buah dan sayur. Hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa proporsi remaja putri yang mengonsumsi TTD mingguan 12 kali lebih mungkin naik setelah adanya intervensi.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung