INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PENUTUPAN KARYA BAKTI MANUNGGAL TAHAP V TA. 2023

PENUTUPAN KARYA BAKTI MANUNGGAL TAHAP V TA. 2023

BERITA DESA | Karya Bakti Manunggal (KBM) yang diselenggarakan Kodim 0709/Kebumen tahap V resmi ditutup. Upacara penutupan digelar di Balai Desa Balingasal, Kecamatan Padureso pada Selasa 31/10/2023

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, serta perwakilan Forkopimda dan dinas terkait.

Dandim 0709/Kebumen Letkol Czi Ardianta mengatakan, sasaran KBM bukan hanya fisik tapi juga nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, keamanan dan ketertiban, serta penyuluhan dan ketrampilan untuk Ibu-ibu PKK Pelatihan membuat roti.

Acara Penutupan Kegiatan Karya Bakti Manunggal ini juga dimeriahkan oleh penampilan tarian selamat datang dan kesenian karawitan dari siswa-siswi SD Negeri 2 Balingasal serta Kesenian Tek-tek AMUBA Balingasal. 

Adapun fisiknya yaitu pembuatan rabat beton Jalan Usaha Tani yang berlokasi di Dusun Jatiteken Kulon RT.003 RW.004, merupakan jalan penghubung antar desa juga antar kecamatan. Program ini terselenggara berkat kerjasama Dandim 0709/Kebumen dengan Pemerintah Daerah Kebumen juga Pemerintah Desa Balingasal, dalam rangka mendukung program Jamu Seger (Jalan Mulus Ekonomi Bergerak).

Di akhir kegiatan juga diberikan secara simbolis Bantuan Sarpras Olah Raga dan Kesenian senilai Rp15 juta yang diterima oleh Ketua Karang Taruna "Taruna Jaya" Desa Balingasal Nugroho Andhi SP yang berupa 3 buah Bola Tendang, 5 buah Bola Voli, 1 buah Net Bola Voli, Kaos Tim Bola Voli, Kaos Tim Sepak Bola serta Baju Kesenian Tek-tek.

Untuk KBM 2023 tahap I dilaksanakan di Desa Jatimulyo, Petanahan. KBM tahap II di Sugihwaras, Kecamatan Adimulyo. KBM tahap III di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan. KBM tahap IV di Desa Pringtutul, Kecamatan Rowokele, dan KBM tahap V di Desa Balingasal, Kecamatan Padureso.

Pelaksanaan KBM menggunakan anggaran Pemerintah Daerah. Setiap lokasi dianggarkan sebesar Rp75 juta, juga dibantu dengan anggaran Dana Desa, untuk Desa Balingsal sharring APB Desa sebesar Rp220 juta, dengan panjang rabat beton mencapai 553 meter, dan lebar 3 meter dengan ketebalan 15 cm.

Wabup Ristawati dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kodim 0709/Kebumen dan semua pihak atas kontribusi dan peran aktifnya, sehingga seluruh kegiatan KBM ini telah berjalan dengan baik dan lancar.

“Kita sangat senang, Karya Bakti Manunggal ini telah dilaksanakan. KBM merupakan salah satu bagian dari Pembinaan Teritorial TNI yang manfaatnya untuk membangun soliditas yang kokoh antara Prajurit TNI, Pemerintah dan masyarakat,” ucapnya.

Setelah meninjau lokasi Rabat Beton, Wabup dan rombangan diarahkan ke Pembangunan Kios Pasar Desa yang telah selesai dibangun menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Wabup berharap, dengan kegiatan Karya Bakti Manunggal ini, masyarakat desa akan semakin tergugah untuk membangun desanya. Terus mengupayakan pemberdayaan masyarakat dengan sungguh-sungguh. Sehingga secara bertahap perekonomian masyarakat akan semakin menguat, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung