INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

SUB PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO PROVINSI JAWA TENGAH DI DESA BALINGASAL

SUB PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO PROVINSI JAWA TENGAH DI DESA BALINGASAL

BERITA DESA | Balingasal, 1501/2024.  Bertempat di Balai Desa dan Ruang PKK Desa Balingasal, Puskesmas Padureso melaksanakan Program Unggulan Kementerian Kesehatan yaitu Imunisasi Polio. PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya.

Tujuan PIN Polio antara lain mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio cukup tinggi dan memberikan perlindungan secara optimal serta merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

Sebanyak 251 anak usia 0 – 7 tahun di Desa Balingasal menjadi sasaran Sub-PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio. Batas usia anak untuk polio 8 tahun kurang satu hari, Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus polio yang kembali ditemukan di beberapa daerah di Indonesia.

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menular. Paparan virus ini memicu cedera saraf yang berisiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga kematian. Meskipun penyakit ini sangat rentan dialami oleh anak-anak, bukan berarti orang dewasa tidak berisiko terpapar penyakit polio. Melakukan pencegahan yang tepat menjadi tindakan yang efektif untuk menghindari paparan virus penyebab polio. Di Desa Balingasal Pelaksanaan PIN Polio dimulai sekitar Pukul 09.00 - 11.00 WIB.

Pemerintah Desa Balingasal menyiapkan 2 ruangan yaitu Ruang PKK Desa Balingasal dan Balai Desa Balingasal. Dalam pelaksanaaanya tim Kesehatan Puskesmas Padureso yang dibantu oleh Kader Kesehatan Desa Balingasal melaksakan PIN POLIO, kali ini dengan cara meneteskan Vaksin Polio ke anak, dan setiap anak mendapat dua tetes Vaksin Polio. Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan tersebut karena pentingnya akan kesehatan anak, agenda PIN Polio juga akan dilaksanakan di Bulan Februari 2024.

Kegiatan Sub-PIN (Pekan Imunisasi Nasional) tingkat Desa Balingasal yang dihadiri oleh petugas Puskesmas dan dibantu oleh Kader Kesehatan Desa, juga dihadiri oleh Forkompincam Padureso, (Andri Kurniawan, S.STP, Camat Padureso, Peltu Supomo Danposramil Padureso, Iptu Sabar Polsek Padureso). Camat Padureso dalam kesempatan ini berkenan memberikan Imunisasi Polio secara simbolis kepada anak usia 0 s.d 7 tahun di Desa Balingasal. Saya mengajak seluruh masyarakat yang memiliki anak dengan usia sasaran untuk ikut dalam program Sub-PIN Polio ini. Mari kita lindungi anak-anak kita dari polio dan penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi lainnya. Ayo bawa anak-anak kita ke puskesmas, posyandu, maupun pos pelayanan imunisasi lainnya untuk mendapatkan imunisasi,” pungkas Camat Padureso.

Semoga Dengan Kegiatan Imunisasi anak polio bermanfaat untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio. Vaksin anak dapat menekan risiko tertular virus polio hingga dewasa. Bila sudah mendapatkan vaksin polio saat berusia kanak-kanak, orang dewasa pada umumnya tidak lagi memerlukan imunisasi. Dengan pemberian imunisasi anak, bukan hanya anak tersebut yang menerima manfaatnya. Keluarga si anak juga akan mendapatkan manfaat secara ekonomi karena bisa mengurangi resiko pengeluaran biaya di masa mendatang untuk mengobati penyakit polio. Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menggalakkan program imunisasi anak polio. Pemerintah menyediakan vaksin anak polio gratis lewat posyandu dan puskesmas serta fasilitas pelayanan kesehatan lain sebagai bagian dari program imunisasi dasar. Anak adalah buah hati kita dan juga kedepannya akan menjadi penerus bangsa mari jaga kesehatan anak kita demi Indonesia.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung