INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

BULAN MUHARAM WARGA MEMBERSIHKAN MAKAM

BULAN MUHARAM WARGA MEMBERSIHKAN MAKAM

BALINGASAL.NEWS. Jum'at Kliwon, 27-09-2019 Pagi ini sejumlah warga Desa Balingasal Kecamatan Padureso di masing-masing Pedukuhan melaksanakan GOMBRANG atau membersihkan lokasi pekuburan/makam yang berada di masing-masing Dusun. (Makam Kenayan, Makam Pepedan, Makam Bleber dan Makam Sigondang Jatiteken). Kegiatan ini sudah rutin dilaksanakan warga Desa Balingasal, saat menjelang bulan Ramadan dan saat Bulan Sura/Muharram. Kegiatan ini dilakukan di hari Jum'at Kliwon maupun Selasa Kliwon adalah sebagai bentuk kebersamaan warga yang peduli dengan kebersihan lingkungan khususnya komplek makam.

Hal yang sama juga dikatakan salah satu warga Balingasal lainnya. Semangat gotong-royong membersihkan harus dimulai dari pekarangan rumah dan lingkungan. Apalagi kuburan agar tidak terkesan semak dan jorok.  "Kita juga harus menghormati orang yang telah meninggal.  Janganlah buang sampah sembarangan apalagi buangnya ke kuburan," tegasnya."Saya berharap warga dapat terus bersama sama menjaga kebersihan lingkungan. Karena siapa lagi yang diharapkan kalau bukan kita sendiri sebagai masyarakat yang peduli. Tapi setidaknya apa yang dilakukan memberi manfaat bagi orang banyak," tegasnya

Setelah kegiatan gombrang selesai, warga berkumpul ditempat peristirahatan yang berada di makam, untuk berdo'a bersama. Setelah berdo'a yang dipimpin oleh Bapak Kaum/ulama setempat selesai para pemuda menyiapkan tumpeng nasi pelas teri yang sudah disediakan oleh masing-masing perangkat desa untuk dimakan bersama.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung