INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Dispermades P3A Gelar Bimtek Penyusunan Profil Desa/Kelurahan

Dispermades P3A Gelar Bimtek Penyusunan Profil Desa/Kelurahan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan P3A (Dispermades P3A) Kebumen menyelenggarakan Bimbingan Teknis bertajuk "Penyusunan Profil Desa dan Kelurahan 2019" yang diikuti perangkat dari 460 desa/ kelurahan se-Kabupaten Kebumen di Hotel Candisari Karanganyar selama tiga hari mulai Rabu (16/10) hingga esok Jumat (18/10). Hadir sebagai narasumber dari Dispermades P3A Kebumen yakni Suprayogi SH, Kasi Administrasi Desa, Parno SIP, M.M, Kasi Aparatur Desa, M. Muchtar S.Ag dan Faroki SH staf Dispermades P3A.

Dalam bimtek terpapar sejumlah materi seperti Pedoman Penyusunan Profil Desa/Kelurahan, Praktek Pengisian Aplikasi Profil Desa/Kelurahan, serta Pendayagunaan Data Profil Desa/Kelurahan. Paparan ini sekaligus akan dipraktekan pada hari itu juga agar para peserta dapat langsung memahami secara baik dan benar dalam penyusunan profil desa/kelurahan. Para peserta saat itu pula mempraktekan teori dengan mengoperasikan komputer atau menerapkan aplikasi dalam penyusunan profil yang ditampilkan di website masing-masing desa/kelurahan.

Kepala Bidang Administrasi Aparatur dan Kelembagaan Desa, Bawono Andi Widodo S.STP mengatakan, profil desa/kelurahan ini harus diperbaharui setiap tahun. Sebab, sebagai basis data perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan beragam pembangunan agar tepat sasaran. Selain itu, dengan adanya profil desa/kelurahan maka masyarakat luas dapat mengetahui potensi desa serta perkembangan pembangunan desa tersebut.

Karenanya, Bawono meminta kepada Kepala Desa setelah bimtek ini agar segera membentuk tim penyusunan profil desa yang diperkuat dengan SK. Selain itu juga di perkuat jaringan internet dan kompetensi SDMnya yang benar-benar memahami teknologi informasi yang telah menjadi tuntutan di era digitalisasi saat ini.

mn Diskominfo

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung