INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

AIR HAMP SEGERA AKAN TEREALISASI

AIR HAMP SEGERA AKAN TEREALISASI

balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id | BERITA DESA. JUM'AT, 01/11/19 - Desa Balingasal kedatangan tim verifikasi program Hibah Air Minum Perdesaan (HAMP) berupa sambungan rumah (SR) air bersih. Setelah sebelumnya di tahun 2017 Desa Balingasal mendapatkan program Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dengan fokus kegiatan pada pembangunan bak reservoir & pipa air bersih, di tahun 2019 ini Desa Balingasal mendapatkan kembali program yang berkenaan dengan air bersih yaitu HAMP.

Desa Balingasal merupakan desa yang berbatasan langsung dengan 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Prembun disebelah Timur dan Selatan, Kecamatan Poncowarno disebelah Barat. Warga masyarakat Desa Balingasal wilayah dataran tinggi banyak menggantungkan hidup untuk kebutuhan sehari-hari khususnya untuk air mengambil dari aliran irigasi waduk Wadaslintang. Namun demikian, tidak semua wilayah di Desa Balingasal memiliki sumber air sumur bawah tanah yang layak konsumsi. Adapun disini terdapat 4 pedukuhan yang mana sumur bawah tanah nya belum layak untuk dikonsumsi. 4 pedukuhan itu diantaranya pedukuhan Jatiteken Wetan, Jatiteken Kulon, Bleber dan Kalapacung. Berawal dari permasalahan tersebut, munculah program Pamsimas untuk Desa Balingasal.

Di tahun 2019 ini, kembali Desa Balingasal memperoleh program Hibah Air Minum Perdesaan (HAMP). Program ini dikelola oleh Pihak ketiga dan bekerja sama dengan KKM Maul Hayat dengan koordinator Slamet Hermansah yang sekaligus Ketua BP-SPAM dan BUM Desa Balingasal. Dikatakan beliau bahwa "pada bulan Nopember ini, warga desa Balingasal yang mendapat program HAMP telah bisa mengakses air bersih tersebut. Adapun penerima manfaat program HAMP untuk Desa Balingasal ada sebanyak 144 KK yang tersebar di 4 Pedukuhan", tuturnya.

Dan juga dari BUM Desa "Karya Mandiri" di tahun 2019 ini akan mengganti Pompa Air yang semula menggunakan Pompa Diesel menjadi Pompa Submersible dan menggunakan listrik. Dana tersebut diperoleh dari Bantuan Modal BUM Desa yang telah digelontorkan di tahun 2019 ini oleh Pemerintah Desa Balingasal sebesar 43 juta, guna mencukupi kebutuhan air bersih di setiap pedukuhan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung