INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

FGD PEMBAHASAN PERDES PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

FGD PEMBAHASAN PERDES PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id | BERITA DESA - Kamis (07/11). Untuk melindungi wilayah desanya dari perusakan lingkungan dan agar desa tetap lestari meskipun pembangunan di desa terus tumbuh, desa didorong untuk membuat peraturan desa tentang pelestarian lingkungan hidup sesuai kearifan lokal masing-masing desa.

Itulah kenapa Dinas Perkim-LH melalui Kasi Peningkatatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Alfia Diananita Zulfa, ST. MT. M.Sc bersama tim yang terdiri dari Bagian Hukum Setda Kebumen, STIE Putra Bangsa dan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII secara maraton pada hari Senin (07/10) yang dilanjutkan pada hari Kamis (08/11) melakukan fasilitasi dan pendampingan penyusunan peraturan desa tentang pelestarian lingkungan hidup di Desa Balingasal Kecamatan Padureso.

Dalam penyusunan Perdes, salah satu tahapan yang dilalui yaitu Forum Group Discussion (FGD) yang melibatkan perwakilan seluruh unsur masyarakat di desa tersebut. Potensi desa dan kekayaan keanekaragaman hayati yang ada di desa tersebut dilakukan inventarisasi termasuk juga permasalahan mengenai lingkungan didata seperti kasus perburuan liar, penangkapan ikan dengan strum dan racun, pembuangan sampah sembarangan , penambangan liar dan beberapa masalah lingkungan lainnya. Melalui forum permusyawaratan desa, selanjutnya disepakati tindakan pencegahan dan juga sanksi yang akan dikenakan kepada oknum yang melanggar Perdes tersebut.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung