INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

DISPERMADES P3A DAN KOMINFO KEBUMEN MENGADAKAN PELATIHAN SID

DISPERMADES P3A DAN KOMINFO KEBUMEN MENGADAKAN PELATIHAN SID

balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id | BERITA DESA - Rabu, 13/11/2019 Dispermades P3A Kebumen bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen, mengadakan pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) dengan peserta 449 desa se-Kabupaten Kebumen yang terbagi menjadi 6 gelombang, dengan masing-masing kurang lebih 70 desa per hari, yang dilaksanakan di Hotel dan Restauran Candisari Karanganyar Kebumen, dengan narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Kebumen.

SID adalah seperangkat alat dan proses pemanfaatan data dan informasi untuk mendukung pengelolaan sumberdata di tingkat desa. Mulai Bulan Juli 2019, Kabupaten Kebumen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, mengembangkan SID yang diberikan nama atau identitas Desa Online Kabupaten Kebumen. Beberapa modul yang akan dikembangkan antara lain, modul website, modul data kependudukan, modul data kemiskinan, modul kepegawaian, modul layanan surat menyurat, modul anggaran. Dalam perjalanannya hingga, mulai bulan Agustus 2019 telah dilakukan ujicoba pemanfaatan SID pada 10 desa percontohan, kemudian bertambah lagi menjadi 15 desa hingga November 2019.

Bulan November 2019, versi yang telah dirilis V2.7.B15102019 dimana dalam versi ini telah diselesaikan untuk kebutuhan modul website yang didalamnya terdapat pengelolaan identitas desa, menu, artikel, galeri, link instansi terkait, media sosial, polling, widget, backup data, informasi update, serta pengelolaan user. Modul data kepegawaian yang merupaka fitur untuk pengelolaan data perangkat desa sedang berada pada tahap ujicoba ditingkat laboratorium, sedangkan untuk modul yang lainnya masih dalam proses pengembangan untuk menemukan fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam ini adalah Pemerintah Desa.  

User atau pengguna dari SID untuk tingkat desa yang dapat melakukan pengelolaan data maupun isi SID dibagi menjadi 2 level, yaitu administrator dan operator. Administrator merupakan level user atau pengguna yang dapat melakukan pengelolaan semua fitur yang tersedia pada SID. Operator merupakan level user atau pengguna yang hanya dapat melakukan pengeloaan artikel dan galeri. Publik atau masyarakat dapat mengakses semua informasi yang telah dipublikasikan oleh administrator dan operator masing-masing desa pada nama subdomain desa. Monitoring tingkat keaktifan dan produktifitas artikel dalam rangka pemanfaatan SID oleh desa dapat diakses melalu laman https://desaonline.kebumenkab.go.id/.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung