INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

POKDAKAN "KARKASA JAYA" DAPAT BANKEU DARI DANA KUOTA KECAMATAN TAHUN 2019

POKDAKAN "KARKASA JAYA" DAPAT BANKEU DARI DANA KUOTA KECAMATAN TAHUN 2019

balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id | BERITA DESA - Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kelompok budidaya ikan, Pemerintah Desa Balingasal di Tahun 2018 mengajukan bantuan keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Kebumen lewat Dana Kuota Kecamatan Padureso. Alhamdulillah tujuan dan harapan dari Pemerintah Desa Balingasal dan Kelompok Budidaya Ikan (POKDAKAN) "KARKASA JAYA" bisa terkabul di Tahun 2019 ini mendapat rekomendasi Bapak Camat Padureso (Drs. Anton Purwanto) akan menerima bantuan sosial sebesar Rp. 100 jt untuk Kelompok Karkasa Jaya yang berdomisili di Dukuh Jatiteken Kulon yang beranggotakan rata-rata pemuda di dusun tersebut.

POKDAKAN "Karkasa Jaya" akan mengunakan membangun 12 kolam dengan panjang diameter 3 meter dengan sistem bioflok, karena sistim ini dinilai efektif dan mampu mendongkrak produktivitas. Ini karena dalam kolam yang sempit dapat diproduksi lele yang lebih banyak. Dengan begitu, biaya produksi berkurang dan waktu yang diperlukan relatif lebih singkat jika dibandingkan dengan budi daya secara konvensional.

Budi daya lele sistem bioflok adalah suatu sistem pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi mengolah limbah budi daya itu sendiri menjadi gumpalan-gumpalan kecil (floc) yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan. Pertumbuhan mikroorganisme dipacu dengan cara memberikan kultur bakteri nonpathogen (probiotik), dan pemasangan aerator yang akan menyuplai oksigen sekaligus mengaduk air kolam.

Untuk menghemat biaya, kolam dapat dibuat dengan terpal yang diperkuat dengan tulang/rangka dari bambu atau besi. Ukuran kolam ikan lele dapat disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Jika untuk tujuan usaha dan disertai modal yang cukup, dapat dibuat kolam yang lebih besar dengan kapasitas produksi yang lebih besar pula.

Sebagai patokan, ukuran luas yang ideal, yaitu untuk 1 m3 dapat menampung ikan lele hingga 1.000 ekor. Lain halnya dengan sistem budi daya secara konvensional yang hanya mampu menampung 100 ekor untuk setiap 1 m3. Kolam ikan harus diberi atap untuk menghindari terik matahari langsung dan air hujan. Sinar matahari dan air hujan perlu dihindari karena dapat memengaruhi mutu air kolam menjadi tidak layak.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung