INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

DINAS PENDIDIKAN BERI PEMBINAAN 1000 HPK BAGI 360 GURU PAUD

DINAS PENDIDIKAN BERI PEMBINAAN 1000 HPK BAGI 360 GURU PAUD

DINAS PENDIDIKAN BERI PEMBINAAN 1000 HPK BAGI 360 GURU PAUD

BERITA DESA | Menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama antara Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Nomor 649/C3.1/KU/2019 dan Nomor 900/1341 tentang Bantuan Operasional Kelompok Kerja Pendidikan Keluarga Tingkat Kabupaten/Kota Tahun 2019. Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Pembinaan Program Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi Pengelola Pos Paud/Kelompok Bermain/Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Kebumen Tahun 2019.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Pembinaan Program Pengasuhan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) bagi 360 tenaga pendidik PAUD di Hotel Mexolie, Rabu (11/12). Kegiatan dibuka oleh Sekertaris Disdik selaku Ketua Pokja, Drs. H. Sudirman dengan menghadirkan narasumber Niken Widiyanti S.Pd dari Tim Pokja Program Pendidikan Keluarga dan Lina Eka Sari S.Pd.AUD dari Fasilitator Program Pendidikan Keluarga Kabupaten Kebumen.

Jumadi, S.Pd. M.M. Pd, Kepala Seksi Dikmas pada Bidang, PAUD, Dikmas dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Kebumen mewakili Sekdin. Drs. H. Sudirman mengatakan, kegiatan ini terkait dengan upaya Disdik dalam memberikan pengetahuan tentang pengasuhan 1000 HPK dan mendorong peserta agar bekerjasama dengan Pemerintah Desa dan Tim Penggerak PKK Desa untuk memperkuat pendidikan keluarga pada pengasuhan 1000 HPK guna penanganan anak stunting.

"Para peserta nantinya diharapkan dapat melakukan sosialisasi 1000 HPK kepada warga diwilayahnya masing-masing yang dikemas dalam kelas parenting atau kelas orang tua dan kelas cooking penyiapan makanan pendamping ASI (MPASI). Tenaga pendidik PAUD yang pada umumnya sebagai kader Posyandu hendaknya dapat menekan angka stunting di Kebumen. Tahun 2018, Disdik sudah melaksanakan sosialisasi ke 10 desa di 9 kecamatan. Dan tahun 2019 sebanyak 10 Desa di 5 kecamatan," jelas Jumadi.

Jumadi menambahkan, pendidikan dalam keluarga adalah pendidikan yang pertama dan utama disamping pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun masyarakat. Karenanya, masyarakat khususnya ibu hamil harus dibekali pemahaman masa 1000 HPK yang merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia.

"Pada masa 1000 HPK sel-sel otak anak sedang tumbuh pesat dan akan menentukan kemampuan dan kecerdasan anak. Karenanya para orang tua diharapkan mengetahui cara perawatan dan memperhatikan sungguh-sungguh pertumbuhan dan perkembangan anaknya secara normal sesuai usianya," tutup Jumadi.

Sumber : Undangan Disdik Nomor 005/10316 Tgl. 5 Desember 2019 dan Fb : Pemkab Kebumen

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung