INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PEMDES DAN WARGA GIATKAN POSKAMLING

PEMDES DAN WARGA GIATKAN POSKAMLING

BERITA DESA | Mulai awal tahun 2020, Pemerintah Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen memulai menggiatkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), dalam siskamling tersebut warga bersama Pemdes memperbaiki Poskamling yang semula tidak dimanfaatkan. Di Desa Balingasal terdapat 9 Poskamling yang mulai aktif.

Kepala Desa Balingasal Manang, sebelum kegiatan ini berjalan sosialisasi terus dilakukan dimasyarakat melalui sambutan saat hajatan warga karena mulai marak pencurian, ada warga mengeluh hingga ternak ayam mereka hilang, bahkan juga ada warga yang kehilangan tabung elpiji 3 kg sampai sepeda motor.

Masih kata Kepala Desa, ia mengaku giat poskamling ini beberapa manfaat yang dirasakan oleh warga, diantaranya desa tersebut kini lebih aman dan tertib, gotong royong dan kerukunan sesama mulai tumbuh, karena keamanan desa merupakan tanggung jawab bersama.

Tidak hanya itu, setiap Kepala Keluarga (KK) diwajibkan untuk mengisi jimpitan berupa beras atau uang senilai Rp.500 yang dimasukan kaleng susu krimer maupun botol air mineral yang sudah dipotong menjadi 2, yang nantinya hasil penjualan beras maupun uang akan masuk dalam uang kas setiap RT/RW untuk memajukan RT/RW nya sendiri. "Dalam program ini, semua masyarakat terlibat, mulai dari Perangkat Desa, Linmas, RT dan seluruh warga," papar Kepala Desa.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung