INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

LOKAKARYA PENYUSUNAN RPJMDESA TAHUN 2019 - 2025

LOKAKARYA PENYUSUNAN RPJMDESA TAHUN 2019 - 2025

BERITA DESA | Dalam rangka penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) Tahun 2019 - 2025, Pemerintah Desa Balingasal bersama Tim Penyusun RPJMDesa mengadakan tahapan-tahapan kegiatan dalam proses penyusunan Dokumen RPJMDesa. Rangkaian proses penyusunan Dokumen RPJMDesa Tahun 2019 - 2025 adalah sebegai berikut :

1.  Kajian Desa Partisipatif

Musyawarah Dusun, Penyusunan RPJM Desa dimulai dari penjaringan masalah dan potensi yang ada di desa dengan menggunakan 3 alat kaji Sketsa Dusun, Kalender Musim dan Diagram Kelembagaan.

2.  Lokakarya.Desa

Proses penyusunan program dan kegiatan dilakukan dalam Lokakarya tingkat desa, dengan tahapan sebagai berikut :

  • mengkompilasikan dan mengelompokkan masalah dari hasil musyawarah dusun
  • menyusun legenda dan sejarah desa
  • menyusun visi dan misi desa
  • membuat skala prioritas, pembuatan skala prioritas ini bertujuan untuk mendapatkan prioritas masalah yang harus segera dipecahkan. Adapun teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan rangking dan pembobotan.
  • menyusun alternative tindakan pemecahan masalah. Setelah semua masalah dirangking berdasarkan kriteria yang disepakati bersama, selanjutnya penyusun alternative tindakan yang layak. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan alternative tindakan pemecahan masalah dengan memperhatikan penyebab masalah dan potensi yang ada.
  • menetapkan tindakan yang nyata. Pada tahapan ini dipilih tindakan yang layak untuk memecahkan masalah yang ada. Dalam tahapan ini juga dipisahkan masa pembangunan yang merupakan skala desa dan pembangunan skala supra desa.

3.  Musyawarah Desa RPJM Desa

4.  Musrenbang RPJM Desa

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung