INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI KECAMATAN PADURESO

UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI KECAMATAN PADURESO

BERITA DESA - Muspika Kecamatan Padureso bersama UPTD Kesehatan dan Kepala Desa se Kecamatan Padureso melaksanakan Rakor terkait Upaya Pencegahan COVID-19 di Kecamatan Padureso Selasa, 24 Maret 2020 di Aula Kecamatan Padureso. Yang dilanjutkan ke Sosialisasi ke Desa-desa agar Kegiatan yang mengundang banyak orang agar diundur.

Kepala UPTD Puskesmas Padureso dr. Guntoro menginstruksikan petugas Puskesmas dan bidan desa se-Kecamatan Padureso untuk menggencarkan sosialisasi pencegahan covid-19. Jajaran kesehatan harus mengambil langkah kewaspadaan dini dengan gencarkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait antisipasi penyebaran dan penanggulangan CORONA VIRUS DESEASE-19 atau Covid-19, agar Pemdes untuk melakukan screening dan melaporkan ke Puskesmas Padureso lewat Bidan Desa setempat apabila ada Orang Dalam Pemantauan (ODP) yaitu warga yang memiliki riwayat perjalanan luar negeri/pulang dari luar negeri/luar kota terhitung mulai tanggal 14 Maret dan 14 hari kedepan. Apabila ada PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dimohon untuk segera memeriksakan ke Puskesmas Padureso.

Kriteria PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yaitu apabila warga yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri/pulang dari luar negeri/luar kota menderita panas disertai batuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/ pilek/ pneumonia.

Covid-19 sudah menjadi pandemi permasalahan dunia, maka kita harus waspada dan tidak usah panik, berikan edukasi pencegahan kepada masyarakat secara masif, lanjutnya.  Puskesmas sebagai sarana kesehatan tingkat dasar, harus siap dengan segala sesuatunya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, laporkan segera apabila menemui kasus dengan gejala yang mengarah ke Covid-19 ke Puskesmas Padureso melalui Pemdes atau Bidan Desa sebagai leading sectornya, katanya. Antisipasi yang paling sederhana untuk masyarakat yaitu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer sebelum makan dan menggunakan masker bagi yang terkena flu dan batuk. Untuk sementara waktu selama masa inkubasi 14 hari yang sudah ditetapkan oleh Pemkab Kebumen, yakni dimulai senin tanggal 16 sampai dengan 29 Maret 2020, untuk tidak keluar rumah atau keluar daerah kecuali sangat penting.

Dijelaskan pula, Virus korona sesungguhnya dapat dicegah manakala daya imunitas tubuh kita baik. Oleh karena itu, menjaga stamina dengan konsumsi gizi seimbang, lakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).  Hindari tempat-tempat keramian seperi pasar, pengajian atau tabligh akbar jika terpaksa bisa pakailah alat pelindung diri atau masker serta jaga jarak atau social distancing. Saya minta seluruh masyarakat Kecamatan Padureso bisa memahami dan mematuhi aturan pencegahan pandemi covid-19. Semua ini semata-mata demi keselamatan dan kesehatan masyarakat.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung