INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

STERILISASI PASAR DESA OLEH KARANG TARUNA JAYA DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19

STERILISASI PASAR DESA OLEH KARANG TARUNA JAYA DALAM UPAYA PENCEGAHAN COVID-19

BERITA DESA | Tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia umumnya, dan Kabupaten Kebumen khususnya per bulan April 2020 sudah cukup tinggi. Untuk itu sebagai bentuk pencegahan, Karang Taruna "Taruna Jaya" Desa Balingasal melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan pada wilayah yang dianggap rentan. Melihat secara asset, Desa Balingasal memiliki pasar desa yang ramai setiap hari pasaranya yaitu hari Selasa, Jumat, dan Minggu. Jelas ini sebagai tempat bertemunya berbagai warga baik dari desa Balingasal sendiri ataupun luar desa, sehingga dianggap rawan.

Menurut Golriyanto Ketua Karang Taruna "Taruna Jaya", kegiatan ini sebagai bentuk sumbangsih tenaga pemuda-pemudi Desa Balingasal dalam ikut mencegah penyebaran Covid-19. Sebelumnya Karang Taruna juga telah melakukan sosialisasi pemakaian masker kepada warga, juga pengunjung pasar. Kemudian beberapa anggota Karang Taruna juga telah disertakan dalam relawan Covid-19 Desa Balingasal. Yang bertugas memantau para ODP dan PDP. Sesuai rencana kegiatan sterilisasi ini dilakukan terus pada malam hari, sebelum dan sesudah kegiatan pasaran. Sehingga dapat memberi kenyamanan dan rasa tenang bagi pengunjung.

Golriyanto pun menambahkan, telah menyampaikan kepada Pemdes Balingasal bahwa Karang Taruna siap bilamana dibutuhkan tenaga maupun pikiran dalam menghadapi masa pendemi ini. Termasuk usulan Karang Taruna tentang penjagaan akses masuk desa.

Perlu diketahui untuk Desa Balingasal ada 3 akses desa, yaitu Pertigaan Dukuh Kalapacung (dawetan), Pertigaan Jalan Pejengkolan (Posko Covid-19), dan Perempatan pasar atau SMK Asshidiqqiyah. Karena diprediksi masih banyak perantauan yang kemungkinan pulang kampung, sehingga perlu meningkatkan kewaspadaan. Di dua akses yang belum terdapat posko, anggota Karang Taruna akan siap untuk menjaga dan mengarahkan para pendatang agar melawati pintu utama (posko) supaya mudah terdata.

Harapanya warga Desa Balingasal terhindar dari Covid-19, dan masa pandemi ini akan segera berakhir. Juga menghimbau kepada warga masyarakat agar bijaksana dalam mengunakan medsos. Jangan memosting sesuatu yang malah menambah keresahan masyarakat. Mari kita saling menjaga, dan saling mengingatkan.

KONTRIBUTOR : NUGROHO ANDHI SP

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung