INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

SILAHTURAHMI KARANG TARUNA “TARUNA JAYA “ IDUL FITRI 1441 H

SILAHTURAHMI KARANG TARUNA “TARUNA JAYA “ IDUL FITRI 1441 H

BERITA DESA | Kumandang takbir telah terdengar, penanda Hari Raya Idul Fitri telah datang setelah sebulan lamanya menunaikan ibadah puasa. Momen tersebut juga dimanfaatkan oleh seluruh anggota Karang Taruna "Taruna Jaya" Desa Balingasal untuk bersilahturahmi mempererat rasa persaudaraan walaupun dalam situasi pandemi Covid-19.

Tepat dihari ke 2 Idul Fitri, Pengurus Karang Taruna Desa Balingasal disertai perwakilan korwil 6 pedukuhan melakukan kunjungan silahturahmi kepada Pemdes Balingasal, dalam hal ini Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Kegiatan ini merupakan adat yang tetap dilestarikan, walaupun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu penggunaan masker dan mencuci tangan.

Menurut Goltriyanto Ketua Karang Taruna “Taruna Jaya” Desa Balingasal, kegiatan ini selain sebagai bentuk melestarikan adat, juga sebagai bentuk simbolisasi “tata krama” orang jawa, dimana yang muda menghormati yang lebih tua. Agar sinergi antara pemuda dengan sesepuh desa tetap terjaga harmonis dalam membangun desa. Bagaimanapun pemuda masih butuh dukungan, nasehat juga bimbingan dari tokoh-tokoh di desa.

Kepala Desa Balingasal, Manang menyampaikan, agar pemuda selalu kompak guyub rukun. Setiap permasalahan hendaknya mengedapankan musyawarah, jangan mudah tersulut provokasi apalagi menjurus main hakim sendiri. Silahkan setiap kegiatan pemuda dibawah naungan Karang Taruna selalu dikoordinasikan dengan Pemdes. Pada kesempatan ini, Kepala Desa Balingasal juga menyampaikan terima kasih atas sumbangsih tenaga pemuda-pemudi Desa Balingasal di berbagai bidang yang sudah dijalani. Pemdes sangat terbantu oleh peran pemuda, terutama pada saat ini dimasa Pandemi Covid-19.

Tokoh Agama Kyai Muhklas menuturkan, bahwa kelangsungan negara, sampai tingkat desa nantinya akan diteruskan oleh pemuda. Sehingga dituntut sikap mental yang matang dan berdedikasi dari pemuda. Jangan patah semangat, setiap bidang kehidupan di desa, silahkan diaktifkan. Bidang agama, sosial, kesenian dan lain-lain pemuda bisa ikut tampil. Tak lupa, Kyai Muhklas juga mendoakan agar kepengurusan Karang Taruna Desa Balingasal yang baru menginjak kurang lebih 1 tahun ini tetap berjalan baik, tetap amanah dan selamat dunia akhirat.

Secara terpisah, Wahyu selaku tokoh pemuda Desa Balingasal menyampaikan, kegiatan silahturahmi ini sangat baik, sebagai bentuk kekompakan pemuda. Inovasi dan gagasan pemuda selalu ditunggu, apalagi mengenai kemandirian pemuda. Program kerja yang relevan dan bermuatan “deviden” dikedepankan. Misalnya budidaya ikan, tanaman polibek, atau yang lain yang sekiranya bisa berimbas langsung pada pendapatan pemuda. Sehingga pemuda tidak harus ke kota untuk mencari pekerjaan. Silahkan diidentifikasi peluang dan sumber daya pendukungnya agar kegiatan tersebut juga tidak perlu bahan baku yang mahal dan harus cari dari luar desa.

H. Sujangi selaku Tokoh Masyarakat di tempat terpisah menyampaikan, kepengurusan baru harus juga diikuti oleh semangat baru. Terpenting kekompakan selalu dipupuk dan dijaga, bilamana ada kegiatan kepemudaan, saya selalu siap mendukung total, tuturnya.

DITULIS OLEH NUGROHO ANDHI SAPUTRO 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung