INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

164 KK WARGA KECAMATAN PADURESO MENERIMA BST DARI KEMENSOS RI

164 KK WARGA KECAMATAN PADURESO MENERIMA BST DARI KEMENSOS RI

Program bantuan Pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi corona (Covid-19) mulai mengalir. Salah satunya program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI senilai Rp 600 ribu. Tidak kurang 27.191 keluarga di Kebumen tercatat bakal menerima bantuan yang disalurkan melalui instansi BUMN itu.

Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengungkapkan, Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk masyarakat Kebumen sudah mulai turun termasuk sembako reguler. Sedangkan BST sendiri untuk puluhan ribu warga Kebumen akan segera disalurkan. Salah satunya melalui Kantor Pos Kebumen untuk sebanyak 21.736 keluarga penerima bantuan.

“BST senilai Rp 600 ribu kemarin sudah ada yang disalurkan untuk 5.000 lebih keluarga di Kebumen,” ungkapnya disela-sela rapat koordinasi dengan pihak Kantor Pos Kebumen, Rabu (6/5/2020).

Wabup Arif menegaskan, BST dari Kemensos RI data penerima berasal dari Pemerintah Pusat sehingga bukan ditentukan Pemerintah Daerah apalagi Desa. Bagi masyarakat yang belum menerima, pihaknya akan mengupayakan melalui program lain seperti BLT Dana Desa. Akan tetapi proses pencairan bantuan akan berbeda waktunya.

“BST dari Pos Giro akan mulai dicairkan Sabtu besok dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” imbuh Arif.

Pada kesempatan itu, Arif juga mengimbau pihak Kantor Pos untuk menerapkan standar pelayanan dengan mengedepankan pencegahan penyebaran virus corona. Dimana calon penerima harus mengenakan masker, mengurangi kerumunan dengan menata antrean (physical distancing), dan menyediakan tempat cuci tangan bagi masyarakat sebelum mendapatkan pelayanan.

“Kami juga berharap dalam penyaluran menggandeng aparat kepolisian maupun TNI untuk pengamanan,” pintanya.

Sementara Kepala Kantor Pos Kebumen Hendi Nugroho mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Pemkab terkait rencana pencairan BST agar tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dengan banyaknya calon penerima, penyaluran akan dijadwalkan selama satu pekan ke depan. Tahap pertama diharapkan dapat tersalurkan BST dengan baik kepada masyarakat.

“Syarat pengambilan harus membawa identitas diri dan Kartu Keluarga asli. Bagi yang berhalangan dapat diwakilkan keluarga yang masih dalam satu KK dengan penerima,” ucapnya. (THR)

Jumlah KK Penerima BANSOS TUNAI 2020 Kecamatan Padureso:

Balingasal (26 KK Penerima); Kaligubug (6 KK Penerima); Kalijering (7 KK Penerima); Merden (41 KK Penerima); Padureso (33 KK Penerima);Pejengkolan (14 KK Penerima); Rahayu (6 KK Penerima); Sendangdalem (13 KK Penerima); Sidototo (18 KK Penerima).

Dikutip dari https://corona.kebumenkab.go.id/

Foto : Aiptu Sabar (Kanit Intelkam Polsek Padureso)

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung