INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

PEMBAHASAN TINDAK LANJUT PEMDES BALINGASAL DAN BPD MASA PANDEMI CORONA

PEMBAHASAN TINDAK LANJUT PEMDES BALINGASAL DAN BPD MASA PANDEMI CORONA

BERITA DESA | Pemerintah Desa Balingasal bersama Badan Permusyawaratan Desa melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi yang telah dilaksanakan di Balai Desa Balingasal Rabu (17/6/2020).

Pada masa new normal saat ini sangat mudah ditemui masyarakat dalam berbagai platform media. New normal dikatakan sebagai cara hidup baru di tengah pandemi virus corona yang angka kesembuhannya makin meningkat. Beberapa daerah telah membuat aturan terkait penerapan new normal sambil terus melakukan upaya pencegahan COVID-19. Masyarakat diharapkan mengikuti aturan tersebut dengan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Dalam acara pembukaan Rakor ini, yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Balingasal, mengatakan, bahwa Pemerintah Desa hari Senin kemarin telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bulan kedua kepada 143 KK Penerima.

Pembahasan Rapat Koordinasi antara BPD dan Pemdes Balingasal antara lain:

  • Tindak Lanjut Kegiatan Relawan Pos Covid-19 di Posko

Diterangkan oleh Kepala Desa bahwa Relawan Desa Lawan Covid-19 yang berjaga di Posko Pertigaan Pejengkolan tetap berjalan tetapi dipersempit lingkup kerjanya menjadi POS JOGO TONGGO yang berada di lingkungan RW/Pedukuhan masing-masing. Tentang cara kerja relawan sama seperti saat di Posko.

  • Dengan membaca Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Priotritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

Dengan terbitnya Permendesa diatas, dikatakan bahwa Pemdes  menyiapkan anggaran Dana Desa untuk menambah penyaluran BLT  per bulan sebesar Rp.300.000,- per keluarga  untuk 3 bulan berikutnya (dapat disalurkan sepanjang Dana Desa Tahun Anggaran 2020 masih tersedia. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa mengikuti data KPM sebelumnya kecuali diubah melalui Musyawarah Desa Khusus. 

  • Bahwa Pemerintah Desa Balingasal sudah menandatangani SPK dengan PT Pertamina Retail tentang Percepatan Penempatan dan Pengoperasian Pertashop.

PERTASHOP (PERTAMINA SHOP) adalah lembaga penyalur Pertamina skala kecil untuk melayani konsumen BBM Non PSO (Pertamax dan Dexlite), LPG Non PSO dan Produk Pertamina ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Dengan persyaratan umum kemitraan PERTASHOP antara lain BUMDESA atau Koperasi dan Swasta yang berbadan usaha/berbadan hukum telah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa dan Desa memiliki modal investasi dan modal kerja untuk menjalankan Pertashop yang bersumber pada APBDesa atau Kemitraan dengan Pihak Ketiga.

Maka dari itu Pemdes bersama BPD melakukan pembahasan Rancangan Perubahan Kedua APBDesa Tahun Anggaran 2020 terkait Pekerjaan Pertashop dengan memangkas/menunda kegiatan yang sudah direncanakan.

  • Rencana minggu/dekat ini, Pemerintah Desa bersama BPD akan melakukan Sosialisasi Kekosongan Perangkat Desa kepada Warga Desa melalui Forum resmi maupun tidak resmi.

Dan juga saran dan kritik dari BPD kepada Pemdes terkait kinerja perangkat desa serta kebersihan lingkungan.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung