INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

SAMBUT KEMERDEKAAN, WARGA BALINGASAL GELAR MALAM RIALATAN

SAMBUT KEMERDEKAAN, WARGA BALINGASAL GELAR MALAM RIALATAN

BERITA DESA | Minggu Malam, 16 Agustus 2020 tampaknya berbeda dengan malam-malam rialatan Peringatan HUT RI sebelumnya karena di masa Pandemi COVID-19, nampak di halaman Balai Desa Balingasal berkumpul warga baik tua muda, remaja, ibu-ibu TP. PKK Desa, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, serta Tokoh Agama. Malam itu adalah malam Tasyakuran, yang di selenggarakan rutin setiap tahun oleh Panitia HUT RI ke 75 Desa Balingasal.

Dengan iringan suara Karawitan Mudhotomo Laras yang ditabuh oleh pengrawit Pemuda-pemudi Karang Taruna "Taruna Jaya" Desa Balingasal yang dipandu oleh Bapak Wiwiet Suryono sebagai pelatih seni karawitan di Desa Balingasal. Walaupun masih taraf belajar, para pemuda tetap semangat dan tekun belajar Kesenian tradisional musik gamelan.

Acara dimulai pukul 21.00 WIB dengan sambutan Kepala Desa Balingasal serta mewakili Panitia Peringatan HUT RI ke-75 Desa Balingasal menyampaikan tujuan diadakan tasyakuran rialatan serta laporan kegiatan dan keuangan Panitia HUT RI ke 75 ini. Dengan awalan bacaan do'a dan tahlil, tak lupa dipanjatkan untuk para pejuang yang telah berjuang sampai titik darah penghabisan, berjuang dengan segenap jiwa raga, tanpa jasa-jasa para pejuang niscaya kita tidak akan menikmati kemerdekaan yang kita peroleh saat ini. Kepada para pahlawan dan para sesepuh Desa Balingasal yang ikut berjuang melawan penjajah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Pemotongan Tumpeng Kemerdekaan yang dipotong oleh Kepala Desa diberikan kepada Ketua BPD Sumiyanta, serta dibacakan ayat-ayat suci Al-Qur'an sebelum acara Tauziyah Kemerdekaan oleh Bapak Kyai Sodikun.

Walaupun dari segi undangan yang terbatas dan masa pendemi ini, Pemuda-pemudi lewat Karang Taruna "Taruna Jaya" Desa Balingasal tetap mengadakan berbagai perlombaan dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 75 ini. Hal ini merupakan wujud rasa syukur warga khususnya Masyarakat Wilayah Desa Balingasal atas nikmat kemerdekaan yang diberikan kepada Negara Indonesia yang kita cintai ini.Akhir kata sebuah kata bijak dari Ir. Soekarno

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

Untuk itu marilah peringatan hari kemerdekaan kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan yang harus kita wujudkan sebagai semangat patriotisme dan nasionalisme untuk mengisi kemerdekaan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung