INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

WARGA DESA BALINGASAL SUMBANGKAN 21 KANTONG DARAH

WARGA DESA BALINGASAL SUMBANGKAN 21 KANTONG DARAH

BERITA DESA | Donor darah bersama yang diselenggarakan di Balai Desa Balingasal, Kecamatan Padureso berhasil mengumpulkan 21 kantong darah. Selasa (29/09/2020) 

Kegiatan berkat dukungan dan kerjasama berbagai pihak, diantaranya Pemerintah Desa Balingasal, Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Padureso, terutama Bidan Desa (Tri M).

Kegiatan ini menyusul permintaan darah meningkat dalam situasi pandemi Covid-19. Kegiatan donor darah, atas inisiator Bidan Tri M yang menawarkan ke peserta rapat saat pelaksanaan Musrenbangdesa Penyusunan RKP Desa Tahun 2021 yang dilaksanakan bulan Agustus lalu. Kebetulan beliau sebagai Bidan Desa Balingasal.

Diakui, antusias masyarakat melakukan donor darah lumayan tinggi. Untuk mengikuti protokol kesehatan, peserta dibatasi. Maka itu, pendaftaran tetap dibuka secara umum, namun pengambilan darah dilakukan secara bergilir dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Drs. Anton Purwanto (Camat Padureso) berharap aksi serupa bisa dilakukan di desa-desa lain. Dalam kesempatan itu, Kepala Desa, dan Perangkat Desa tampak ikut mendonorkan darahnya. ‘’Donor darah ini baru pertama kali saya lakukan, karena takut. Kali ini saya memberanikan diri,” jelasnya.

Petugas PMI Kebumen (Dul Qoful, Pratikto dan Akbar Rosyid) mengatakan, dari kegiatan donor darah ini berhasil terhimpun 21 kantong darah, dan mengharap kegiatan aksi ini dilaksanakan secara rutin di Desa Balingasal.

Dijelaskannya, sebelum melakukan kegiatan donor darah, seluruh calon pendonor telah dilakukan pengecekan kesehatan sesuai dengan prosedur pencegahan penyebaran covid-19, mulai dari disediakannya sarana cuci tangan di pintu masuk, menggunakan masker hingga pengecekan suhu tubuh menggunakan termogun.

Seluruh pendonor yang telah menyumbangkan darahnya diberikan bingkisan berupa susu kotak, roti wafer, biscuit, teh manis serta diberi kupon berhadiah untuk diisi dan dimasukkan ke dalam kotak undian.

Sedangkan, Kepala Desa Balingasal menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas dilangsungkannya kegiatan donor darah ini.

"Kami sangat mendukung masyarakat untuk melakukan kegiatan donor darah, karena donor darah merupakan salah satu upaya untuk beramal dan memberikan manfaat kepada orang lain. Semoga pendonor hari ini juga dianggap sebagai amal", ungkap Kepala Desa.

DOKUMENTASI BISA DILIHAT DI LINK BERIKUT https://balingasal.kec-padureso.kebumenkab.go.id/index.php/web/gallery_foto/216

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung