INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Simulasi Sirekap dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Tahun 2020

Simulasi Sirekap dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Tahun 2020

BERITA DESA | Dalam rangka persiapan pemilihan  Bupati dan Wakil Bupati Kebumen tahun 2020 yang akan di laksannakan pada hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kebumen menggelar Simulasi Serentak Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara menggunakan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Simulasii ini dilakukan sejak tanggal 29 November 2020 sampai 2 Desember 2020 yang diikuti oleh seluruh KPPS yang telah terdaftar dalam akun Sirekap, dimana masing- masing TPS diwakili oleh dua anggota KPPS yang sudah terdaftar sebelumnya.

Dalam simulasi ini Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Balingasal melaksanakan Simulasi di Balai Desa Balingasal yang diikuti oleh 6 TPS dimana masing-masing TPS diwakili oleh 2 anggota KPPS yang terdaftar dalam akun Sirekap.

Simulasi ini diawali dengan pengarahan oleh Ketua PPS Desa Balingasal (Suhermanto) mengenai tata cara pengisian Formulir C.Hasil-KWK. Kemudian disambung Oleh perwakilan dari PPK Kecamatan Padureso (Slamet Hermansyah) terkait mekanisme pengisian dalam aplikasi Sirekap.

Dalam penyelenggaraan simulasi ini, terdapat beberapa kendala atau permasalahan teknis terkait aplikasi Sirekap, diantaranya:

1). Terdapat kesulitan dalam tahapan aktivasi akun, dimana masih terdapat TPS yang belum bisa aktivasi akun Sirekap.

2). NIK dan No. Hp yang belum terdeteksi ketika Verifikasi ataupun NIK dan No. HP sudah pernah digunakan.

3). Adapun yang sudah bisa aktivasi akun Sirekap, namun ketika dalam melakukan Upload foto Formulir C.Hasil-KWK masih banyak yang gagal.

Terlepas dari Permasalahan yang muncul terkait Aplikasi Sirekap ini, dengan diadakan Simulasi ini diharapkan bisa menjadi tolak ukur ataupun gambaran apa saja kendala atau permasalahan-permasalahan yang bisa dimungkinkan muncul dalam Pengisian Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara melalui Aplikasi Sirekap, sekaligus sebagai perbaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam persiapan penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kebumen Tahun 2020 yang akan diselenggarakan pada Hari Rabu tanggal 9 Desember 2020 ini dengan harapan terlaksana dengan baik dan lancar (PILBUB RESIK KEBUMEN APIK).
Jurnalis Warga : AM

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung