INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

BERBAGI SENYUM DAN KEBAHAGIAAN MELALUI “GREBEG PASAR” KARANG TARUNA “TARUNA JAYA”

BERBAGI SENYUM DAN KEBAHAGIAAN MELALUI “GREBEG PASAR” KARANG TARUNA “TARUNA JAYA”

BERITA DESA | Senin tanggal 18 Januari 2021 cuaca sejuk menyelimuti Desa Balingasal. Tepat pukul 06.30 WIB sekelompok anak muda datang ke Balai Desa, menyeduh kopi “Gajah” juga ditemani sebatang rokok kretek 76. “Ahhhhh....mantap!” tukasnya...Yap, tepat hari itu akan dilaksanakan pembayaran pajak sehari lunas dengan diramaikan oleh acara “Grebeg Pasar” Karang Taruna “Taruna Jaya”.

Berawal dari cita-cita ingin berbagi kepada masyarakat, sekaligus wujud sumbangsih Karang Taruna kepada Desa, terciptalah ide agar pembayaran pajak sehari lunas bisa sukses dan mencapai target. Dengan demikian perlu dikemas sebuah acara, yang bisa menarik minat masyarakat datang untuk membayar pajak. Maka Karang Taruna menggandeng Djarum 76, untuk men-support penuh acara Grebeg Pasar tersebut.

Dikarenakan acara tersebut masih dalam situasi Pandemi Covid-19, maka penerapan protokol kesehatan pun menjadi perhatian penting. Karang Taruna menerjunkan 2 orang anggotanya untuk bertugas mengecek  suhu dan mengatur  jarak antrian. Waktu pembayarannya pun dijadwal per-dusun, sehingga tidak menumpuk antrian yang banyak.

Manang, selaku Kepala Desa Balingasal menambahkan bahwa sinergi antara Pemdes dan Karang Taruna sudah berjalan dan akan terus dijalankan untuk agenda-agenda ke depan. Pemdes tentunya perlu dukungan berbagai pihak, khususnya Karang Taruna, dalam pelayanan kepada masyarakat. Karang Taruna diakui memiliki daya enerjik dan inovasi, sehingga Karang Taruna bisa berperan sebagai penyambung informasi kepada masyarakat, juga masukan dan kritikan kepada Pemdes Karang Taruna bisa berperan sebagai “penyambung lidah” masyarakat. Seperti contoh agenda hari ini, Pemdes sangat mengapresiasi terobosan Karang Taruna dalam menggaet pihak ke 3 untuk mendukung target pajak terbayar terpenuhi dalam 1 hari. Apalagi dengan adanya doorprise paket sembako, tentunya akan menambah rasa senang bagi masyarakat.

Nugroho Andhi selaku Ketua Karang Taruna “Taruna Jaya” menambahkan, “peran tambahan” dari Pemdes ini akan dilaksanakan secara terstruktur. Karang Taruna Desa mempunyai  Koordinator Wilayah di tiap pedukuhan, sehingga daya dukung ini bisa menambah kekuatan Karang Taruna Desa dalam mengemban peran tersebut. 

Mahmudin selaku Wakil Ketua Karang Taruna menjelaskan. total anggota Karang Taruna yang dilibatkan pada acara hari ini ada 10 orang. terdiri dari tugas pemasaran, protokol kesehatan, dan pengaturan lalu lintas masyarakat. Koordinator langsung di pegang oleh Ketua dan Wakil pungkasnya.

Melihat atensi dari masyarakat, jadwal pembayaran pajak yang seharusnya dimulai pukul 08.00 WIB pada pukul 07.15 WIB sudah ada masyarakat yang hadir di Balai Desa. Dan untuk pemasaran produk pukul 09.30 WIB sisa penjualan tersisa 3 slop. Alhasil sudah banyak juga paket sembako yang sudah diterima masyarakat. Sangat menyenangkan, atas tambahan energi dari masyarakat Desa Balingasal. Terima kasih atas antusiasme masyarakat dan berbagi kebahagiaanya sehari ini. Semoga kedepan, Karang Taruna bisa mengadakan acara-acara yang sama yang langsung menyentuh kepada masayarakat. Tutup Sekretaris Karang Taruna, Arum Sarlis.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung