INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

RAPAT PEMBAHASAN RANCANGAN PERUBAHAN APBDESA

RAPAT PEMBAHASAN RANCANGAN PERUBAHAN APBDESA

BERITA DESA | Dalam rangka menindaklanjuti Surat Kemendagri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pelaksanaan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) maka Pemerintah Desa bersama BPD dan Bidan Desa melaksanakan Rapat Pembahasan Rancangan Perubahan APB Desa Tahun 2021 (17/02/2021)

Dalam sambutannya Kepala Desa Balingasal (Manang) menyampaikan bahwa ini sebagai tindak lanjut dari rapat di Kecamatan Padureso yang dilaksanakan pada hari Senin, 15/02/2021. Bahwa Pemdes segera melakukan Refocusing Kegiatan dan Anggaran untuk Dukungan Pelaksanaan PPKM Berskala Mikro. Dan sepakat untuk mendukung kegiatan PPKM kegiatan yang ditunda adalah Pembangunan Talud Pengaman yang berlokasi Dusun Kenayan (Komplek Pasar Kenayan)

Dalam rangka penanganan Pandemi COVID-19 dan dampaknya, Dana Desa ditentukan penggunaannya, tetapi tidak terbatas pada Bantuan Lansung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan Pendanaan Kegiatan Penanganan Pandemi COVID-19 yang masuk dalam kewenangan desa.

Pendanaan kegiatan Pandemi COVID-19 ditetapkan paling sedikit 8% dari Pagu Dana Desa diluar dan tidak termasuk pendanaan untuk BLT-DD. Di Tahun Anggaran 2021 Pemdes Balingasal akan menerima Pendapatan Transfer dari Dana Desa sebesar Rp. 835.464.000,-

Penanganan Pandemi COVID-19 dilakukan melalui Pos Komando Penanganan Pandemi COVID-19 atau Pos Jaga yang mempunyai fungsi Pencegahan, Penanganan, Pembinaan dan Pendukung Pelaksanaan Penanganan COVID-19

Dari Sekretaris Desa memaparkan Rancangan Rencana Anggaran Biaya untuk Penanganan Pandemi COVID-19 kurang lebih 80 jutaan, antara lain digunakan untuk Kegiatan Sub Bidang Kesehatan, Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan, yang rencananya akan digunakan untuk Keperluan Rumah Isolasi, Pendataan Warga, Promosi Kesehatan dan Cek Kesehatan, Cetak Banner, APD, Penyemprotan Sarana Publik, Sekretariat Satgas COVID-19 Desa, serta Bantuan Sembako untuk keluarga yang melaksanakan Isolasi Mandiri di Rumah.

Tanggapan dari BPD yang disampaikan oleh Wakil Ketua Teguh Widhi Prabowo, untuk saat ini belum bisa memberi tanggapan, dikarenakan Ketua dan anggota lainnya belum bisa hadir semua, untuk itu BPD akan merapat untuk membahas tentang Rancangan Perubahan APB Desa ini.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung