INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

LOTEK SINAR JAYA “CITA RASA YANG MELEGENDA”

LOTEK SINAR JAYA “CITA RASA YANG MELEGENDA”

BERITA DESA | Perempuan satu ini, namanya Sunarti warga Dusun Pepedan Desa Balingasal. Matahari pagi belum genap menampakan sinarnya, Sunarti telah siap dengan sepeda kayuhnya bergegas pergi ke pasar membeli sayur mayur dan perlengkapan lain. Yah, di usianya yang tak lagi muda dia masih memperlihatkan semangat untuk melayani konsumenya. 

Waktu menunjukan pukul 09.00 WIB, segala sesuatunya telah disiapkan. Dia berjalan menuju warung loteknya yang berjarak kurang lebih 5 m dari rumahnya. Betul rute ini telah dilaluinya sepanjang 15 tahun lebih untuk mengais rizki, rute ini pula lah yang mengantarnya menjadi penjual lotek legendaris. Di jam-jam inilah para pelangganya sudah siap menunggunya untuk menikmati sepincuk lotek buatanya.

Salah satunya Watini, menurutnya proses pembuatan lotek ini masih menggunakan tradisi ulekan tangan, bumbu kacangpun masih ditumbuk tidak di blender. Sehingga baginya, memunculkan cita rasa tersendiri. Varianya pun bisa dikombinasikan dengan tiwul/kecrek atau dengan lontong. Sangat memanjakan lidah bagi para penikmat lotek, tak anyal tiap hari bisa puluhan pincuk lotek yang terjual.

Wiji, salah satu pelanggan dari Desa Pejengkolan berkomentar “yah disini memang enak, lain dari yang lain rasanya”. Saya jauh-jauh dari desa lain sengaja datang karena rasa loteknya sudah cocok dengan selera saya, imbuhnya. Disini varian gorenganya pun ada, sehingga tinggal pilih. Banyak juga pelanggan dari desa lain yang kebetulan lewat mampir kesini, “sudah terkenal kemana-mana sih”, sambungya.

Berkat legendarisnya lotek sinar jaya, pada tahun 2019 Unit Pengelola Kegiatan Kecamatan Padureso sampai membantu merenovasi warungnya melalui Program Dana Sosial berupa bedah warung. Sunarti bercerita, dulu warungnya memang sudah lama belum terenovasi. Dinding masih anyaman bambu, sudah banyak yang jebol. Sehingga memberi kesan tidak nyaman bagi para pelanggan yang ingin makan ditempat. “Tapi alhamdulillah, Kepala Desa mengusulkan saya untuk bedah warung dan ternyata terkabul”. Kebetulan saya juga sebagai pemanfaat SPP (Simpan Pinjam Perempuan) UPK Kecamatan Padureso, modal usaha saya juga ambil dari sana. “Terima kasih UPK...” tutupnya.

Nah, bagi para pecinta lotek silahkan mampir di Warung Lotek Sinar Jaya. Lokasinya gampang kok dicari, berada di Jalan Bendung Pejengkolan KM. 02, tepatnya dekat pos gardu dusun Pepedan. “Yang biasanya olahraga gowes pagi, jangan lupa pulangnya bisa mampir mencicipi sepincuk lotek sinar jaya, mau 2 pincuk juga boleh, atau berpincuk-pincuk boleh banggeeet daaahhh...” Sehat-sehat terus ya yu nar....agar pelangganmu tetap setia menikmati lotek legendarismu....

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung