INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Paparan LPJ BUMDes Karya Mandiri

Paparan LPJ BUMDes Karya Mandiri

BERITA DESA | Rabu (17/03/2021) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Balingasal melaksanakan Musyawarah Desa LPJ Bumdes yang dihadiri jajaran Pemerintah Desa, BPD, Karangtaruna, PKK dan seluruh pengurus Bumdes. Diawali dengan sambutan Kepala Desa, yang mana Manang selaku Kepala Desa menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPD yang sudah memfasilitasi terselenggaranya Musdes ini, dan juga mengapresiasi pengurus Bumdes yang telah menyelesaikan Laporan Pertanggung Jawaban dengan baik. 
Kepala Desa mengajak hadirin untuk mengikuti Musdes dengan seksama dan nantinya diharapkan masukan-masukan untuk perbaikan dan pengembangan Bumdes kedepan. Untuk itu, pengurus Bumdes harus sterbuka terhadap masukan masukan yang ada, karena hal ini bukan semata-mata mengkritisi atau menjatuhkan kredibilitas Bumdes, akan tetapi tiada lain untuk kebaikan bersama.

Setelah sambutan Kepala Desa dilanjutkan pemaparan LPJ Bumdes yang disampaikan Slamet Hermansah selaku Direktur Bumdes. Dalam pemaparan disampaiakan dengan rinci. Mulai dari permodalan Bumdes sejak tahun 2016 sampai dengan 2020, sumber pendapatan dan bagi hasil Bumdes tahun 2020, yang mana pada tahun ini Bumdes Karya Mandiri bisa memberikan bagi hasil kepada desa sebagi Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar Rp. 11.500.000. Selain laporan keuangan, dilaporkan juga semua aset yang dimiliki Bumdes, baik berupa aset lancar maupun aset tetap. 

Dalam menjalankan usahanya, Bumdes Karya Mandiri bergerak di bidang penjualan alat tulis, sembako, melyani foto copy, pembayaran PPOB dan pemasangan internet. Selain menjalankan usaha mandiri, Bumdes juga bekerjasama dengan pihak ketiga, hal ini dikandung maksud selain untuk menambah pendapatan juga dalam rangka membangun jejaring bisnis.

Setelah pemaparan LPJ dilanjutkan pemaparan program kerja Bumdes tahun 2021,yang mana pada tahun 2021 Bumdes berusaha menambah jaringan kerjasama, diantaraanya dengan Pertamina dalam program Pertashop, kemudian dengan Auto Bumdes dalam usaha perbengkelan dan penjualan sperpart kendaraan bermotor. Hal ini tentunya menjadi terobosan Bumdes agar nantinya selain untuk menambah pendapatan Bumdes juga unttuk penyediaan lapangan kerja untuk masyarakat setempat.

Laporan pertanggung jawaban Bumdes mendapat tangggapan yang positif dari Ketua BPD, yang mana Sumiyanta selaku Ketua BPD menerima LPJ Bumdes ini, dan selanjutnya berpesan agar disempurnakan sampai ke penandatanganan yang kemudian bisa dilaporkan secara resmi kepada Pemerintah Desa, Kecamtan sampai ke Dispermades Kabupaten Kebumen.

Selain tanggapan dari BPD, ada juga tanggapan dari Karang Taruna. Nugroho Andi selaku ketua Karang Taruna memberikan masukan agar ada perbaikan administrsai Bumdes, diantaranya dengan adanya laporan berkala dan dilakukan rapat pengurus secara rutin agar kendala-kendala yang terjadi bisa segera terselesaikan. Andi juga mendorong Bumdes untuk membuka diri untuk bekerjasama dengan Bumdes lain, yaitu dengan merintis Bumdes Bersama, mengingat regulasi terbaru yaitu Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 mengarah pada pembentukan Bumdes Bersama.

Setelah tanggapan dari masyarakat, dalam Musdes ini dilanjutkan sosialisai Program Auto Bumdes, yang kemudian disepakati bahwa pada tahun 2021 Bumdes Karya Mandiri Balingasal akan membuka usaha baru berupa bengkel sepeda motor. Besar harapan dari program ini agar Bumdes bisa semakin berkembang. Amin

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung