INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Melebur Dosa melalui Silaturahmi

Melebur Dosa melalui Silaturahmi

KARANG TARUNA | Kumandang takbir telah terdengar di seluruh penjuru dunia, hari kemenangan pun telah tiba. Walaupun masih dalam situasi Pandemi Covid-19 warga Desa Balingasal tetap antusias untuk meramaikan momen tersebut. Tepat di hari ke 4 lebaran para pengurus Karang Taruna “Taruna Jaya” Desa Balingasal menyempatkan untuk bersilahturahmi kepada Kepala Desa, para sesepuh desa, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda. Hadir pada acara tersebut selain pengurus, juga para perwakilan anggota karang taruna dan koordinator pedukuhan.

Nugroho Andhi selaku Ketua Karang Taruna menjelaskan, komposisi personil di silahturahmi tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu. ”Kami sederhanakan, mengingat dalam situasi pandemi tentunya pembatasan berkerumun juga diberlakukan”. Kami khususkan untuk para pengurus inti, ditambah perwakilan koordinator pedukuhan, juga perwakilan dari organisasi dibawah naungan Karang Taruna seperti Pervosi (Voli), BFC (Sepakbola), Mudhotomo Laras (Karawitan), juga Perpustakaan Desa. Kemarin pun sesuai arahan dari Kepala Desa kami himbau acara takbir keliling ditiadakan, silahkan diganti dengan memeriahkan pedukuhan masing-masing atau masjid dan musholah setempat. “Intinya kami juga ingin memberi pendidikan kepada masyarakat bahwa kegiatanya tidak dilarang, hanya pelaksanaanya yang dibatasi dengan jumlah peserta maupun penerapan protokol kesehatanya”.

Arum Salis selaku Sekretaris Karang Taruna menambahkan, bahwa ada sekitar 25 anggota yang bisa hadir pada acara tersebut dan sudah mewakili beberapa elemen yang ada di induk organisasi Karang Taruna. ”Kemarin pun, telah ada Karang Taruna di tiap pedukuhan yang telah melaksanakan silahturahmi mandiri”, sehingga kami bisa sederhanakan lagi jumlah personilnya dihari ini.

Manang selaku Kepala Desa Balingasal menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Karang Taruna sekaligus rasa bangganya. ”Kami mendukung sepenuhnya program kerja dari Karang Taruna apalagi ini bersifat positif”. Seperti agenda buka bersama kemarin, ini salah satu terobosan baru pengurus untuk menjaga kekompakan juga bisa disisipi agenda pembahasan program kerja lainya. Adapun ke depan, harapanya kinerja pemgurus terus ada peningkatan sehingga Karang Taruna bisa lebih baik lagi. Adapun setiap rintangan dan hambatan silahkan dipecahkan bersama, bilamana perlu masukan dan arahan silahkan untuk senantiasa berkomunikasai dengan Pemdes maupun MPKT. 

Ditempat terpisah Mbah wiwid selaku sesepuh juga pembina Seni Karawitan “Mudhotomo Laras mengungkapkan, “Pemuda harus bisa tampil disegala kondisi dan situasi.” Kelak pemuda akan ada saatnya menjadi pengganti yang tua. “Persiapkan dari sekarang, terutama berkaitan sosial kemasyarakatan.”

Udhi Purnomo Sekretaris Desa Balingasal sekaligus anggota MPKT (Majelis Pertimbangan Karang Taruna) menambahkan, agenda terdekat yaitu Bulan Agustus dan even olahraga. Dengan situasinya masih seperti ini, silahkan mulai dipersiapkan dari sekarang kemasan kegiatanya. Untuk permasalahan lapangan voli, silahkan dirembug baiknya dimana. “Yang jelas aset desa yang permanen ya hanya lapangan desa”, tutupnya.

Wahyu Sulistya selaku tokoh pemuda disisi lain mengapresiasi kegiatan Karang Taruna.”Sudah lebih baik pengelolaanya dibanding era saya dahulu”. Apalagi Pemdes sekarang juga sudah sangat terbuka sehingga momentum ini bisa sama-sama dimanfaatkan untuk kemajuan Karang Taruna khususnya, dan masyarakat Desa Balingasal pada umumnya. Soal pengadaan lapangan voli baru, silahkan Karang Taruna terutama pengurus memfasilitasi karena aset desa yang bisa dimanfaatkan sejauh ini hanya lapangan desa. Apalagi bila program “sport center” bisa dicicil dari sekarang. “Gambaran saya kelak, efeknya sangat luar biasa untuk pembinaan olahraga di berbagai bidang”.

Alhamdulilah sampai pukul 17.00 WIB acara silahturahmi bisa terselesaikan. Semoga kita bisa dipertemukan lagi dengan momentum seperti ini di tahun depan dengan kondisi yang lebih baik dari tahun ini. Akhirnya kami segenap Pengurus Karang Taruna mewakili seluruh anggota Karang Taruna “Taruna Jaya” Desa Balingasal mengucapakan “Selamat hari Raya Idul Fitri 1442 H, mohon maaf lahir dan batin”.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung