INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

SOSIALISASI PERATURAN BUPATI KEBUMEN TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA

SOSIALISASI PERATURAN BUPATI KEBUMEN TENTANG PENGANGKATAN DAN PEMBERHENTIAN PERANGKAT DESA

BERITA DESA | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinpermades & P3A) Kabupaten Kebumen menggelar sosialisasi Peraturan Bupati Kebumen tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa yang berlokasi di Ruang Rapat Lantai II Dispermades P3A Kebumen Kamis Pagi (12/08/2021). Dalam sosialisasi tersebut, 10 Perwakilan Kecamatan, 26 orang dari Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) yang mewakili masing-masing kecamatan.

Acara dibuka oleh Sekdin Dispermades P3A, Ibu Siti Nuriatun Fauziyah mengatakan pihaknya meminta Pihak Kecamatan untuk mengawal pengisian perangkat desa. Regulasi yang ada jangan sampai ada celah yang dapat menimbulkan permasalahan menjelang, dan usai pelaksanaan pengisian perangkat desa.

“Desa merupakan ujung tombak, karena desa itu tentang kemasyarakatan, dan kedinasan maka saya minta pengisian itu diatur dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ada klausul yang memberikan ruang yang mengarah kepada permasalahan,” jelasnya.

Selain itu, pengisian perangkat desa tahun 2021 berbeda dengan pengisian perangkat desa pada tahun 2017. Tahun ini, pengisian perangkat desa diserahkan sepenuhnya kepada Kepala Desa. Karena, Kepala Desa memiliki wewenang penuh mengangkat dan memberhentikan perangkat desa.

Dalam paparannya tentang Perbup Kebumen Nomor 3 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Perbup Kebumen Nomor 51 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Perangkat Desa yang diisi oleh Kabag Tapem Setda Kabupaten Kebumen Drs. Agus Susanto, M.Si.

Dan Perbup Kebumen Nomor 18 Tahun 2021 tentang Pemberhentian Perangkat Desa dipaparkan oleh Kasubbag Peraturan Perundang-Undangan Setda Kabupaten Kebumen Dwi Apriliastuti, SH.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung