INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

Jemput Bola Pelayanan Kesehatan Hewan

Jemput Bola Pelayanan Kesehatan Hewan

BERITA DESA | PUSKESWAN Prembun yang memiliki wilayah tiga kecamatan yaitu Kecamatan Prembun, Padureso dan Kutowinangun  mengadakan Puskewanling di Desa Balingasal Kecamatan Padureso selama dua hari, Selasa dan Rabu.

Yang biasanya  kegiatannya Pesta Patok para peternak mengumpulkan ternaknya di suatu tempat dan dilayani pemeriksaan kesehatan hewan, dikarenakan para peternak mulai disibukan dengan panen padi musim tanam satu.

Untuk itu Puskeswan Prembun mendekatkan pelayanan kepada peternak melalui Puskeswanling dengan mendatangi peternak dari pintu ke pintu untuk pemeriksaan kesehatan hewan. Puskeswanling di laksanakan oleh Bpk.drh. WAHYU HENDRA KUSUMA, Ibu. SUNU SURYANINGTYAS, S,Pt, Ibu YULIA ROSSY ANJARWATI, S.Pt dan Bpk. SURATMAN, A.Md sebagai pendamping dari desa Kader Keswan.

Dalam Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Keliling diantara pengecekan kebuntingan, luka pada bagian luar, pemberaian Vitamin, obat cacing dan tentang kebersihan kandang. Dalam pelayanan kesehatan hewan para peternak dikenakan Retribusi Rp. 5.000,- untuk pemeriksaan sapi dan Rp. 2.500,- untuk pemeriksaan kambing  mendapatan Vitamin dan Obat cacing. Selama dua hari  yang telah mendapat pelayanan dari Pemeriksaan  kesehatan dengan diberikan Vitamin dan obat cacing sapi sebanyak 71 ekor kambing 57 ekor. Dalam pelayanan pemeriksaan kebuntingan ada 2 ekor sapi yang dinyatakan tidak bunting padahal petani sudah mengawinkan 7 bulan yang lalu, karena hewan tersebut tidak mengalami 3 A (Abang, Abuh, Angret) ditambah sapi diam saja (tidak gemboran) menyangka peternak sapi tersebut sudah bunting tetapi setelah di cek kebuntingan hasilnya nihil alias tidak bunting.

Dari 6 pedukuhan baru 5 pendukuhan yang  terlanyani karena kondisi geografis dan juga para peternak tidak dirumah, pelayanan Puskeswanling akan diadakan minggu depan menunggu agenda dari petugas kesehatan hewan Puskeswan Prembun. Dari petugas Puskeswan Prembun setelah selesai melakukan kegiatan Puskeswanling melaporkan hasilnya kepada Kepala Desa Balingasal Bpk. Manang dari Pemdes Balingasal mengucapkan banyak terima kasih kepada para petugas kesehatan hewan yang telah memberikan pelayanan kesehatan hewan dari pintu ke pintu.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung