INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA BALINGASAL KECAMATAN PADURESO KABUPATEN KEBUMEN

USULAN PANJI-PANJI KECAMATAN PADURESO

USULAN PANJI-PANJI KECAMATAN PADURESO

BERITA DESA | Menindaklanjuti Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen No : 100/017 tanggal 6 Januari 2022 perihal Pedoman Usulan Panji-Panji Identitas Kecamatan, Tim FGD Kecamatan Padureso menyelenggarakan Rapat Pembuatan Panji Identitas Kecamatan Padureso dengan peserta Kepala Desa dan Forkompincam Padureso dengan ketentuan dan pedoman yang telah ditetapkan .

Dalam FGD tersebut yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Padureso (21/04) Julin, S.STP, M.Si (Camat Padureso) memaparkan Draft Bentuk Lambang Kecamatan Padureso, dengan isi lambang terdiri dari Perisai, Aksara Padureso, Angka 2003, Pita dengan Tulisan "Luhur Makmur", Bintang, Bukit, Bendungan, Padi dan Kapas. Sedangkan warna lambang terdiri dari Hijau, Kuning, Coklat dan Abu-abu.

Adapun arti Lambang antara lain:

  1. Perisai : Pertahanan dari segala macam gangguan yang ada.
  2. Aksara Padureso : Menunjukkan wilayah Kecamatan Padureso
  3. Angka 2003 : Tahun berdirinya Kecamatan Padureso
  4. Pita dengan tulisan "Luhur Makmur" : Luhur (Tinggi Mulia), Makmur (serba kecukupan, tidak kekurangan) Tujuan masyarakat Kecamatan Padureso untuk Menuju Masyarakat yang Mulia dan Sejahtera
  5. Bintang : Menunjukkan masyarakat Kecamatan Padureso adalah masyarakat yang religius dan tetap berpedoman kepada Pancasila sebagai Dasar Negara.
  6. Bukit : Menunjukkan wilayah Kecamatan Padureso yang sebagian besar adalah perbukitan atau pegunungan.
  7. Bendungan : Menunjukkan bahwa Bendungan Wadaslintang dan Bendungan Pejengkolan berada di wilayah Kecamatan Padureso Kabupaten Kebumen sebagai identitas utama kecamatan Padureso.
  8. Padi dan Kapas : Menunjukkan bahwa wilayah Kecamatan Padureso adalah wilayah Pertanian.

Arti Warna :

  1. Hijau : (Kesuburan, kesejahteraan) menunjukkan daerah dataran tinggi yang subur untuk tanaman musim.
  2. Kuning : (Kebahagiaan, optimisme) masyarakat Kecamatan Padureso memiliki optimisme yang tinggi untuk mencapai kebahagiaan.
  3. Coklat : (Kekayaan Material) tanah yang subur untuk mendukung pertanian dan segala potensi yang ada di dalamnya.
  4. Abu-Abu : (Warna Netral) memberikan perasaan nyaman kepada masyarakat kecamatan Padureso

Hasil FGD ini masih banyak perubahan, yang hasilnya akan diusulkan Camat melalui Bupati Kebumen dalam bentuk Berita Acara untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Panji Identitas Kecamatan Padureso

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita Desa

Statistik Pengunjung